Hargai Perbedaan, Tingkatkan Wawasan Multikultural

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Meningkatkan kerukunan antar umat ber agama khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Loteng mengadakan kegiatan workshop wawasan multikultural dan dialog lintas agama di D’Praya Hotel Loteng, Rabu (23/3).

Koordinator Humas Kemenag Loteng Suherman mengatakan,  kegiatan ini sebenarnya dilakukan untuk menghargai perbedaan yang ada di masyarakat, khususnya perbedaan keyakinan. Sehingga, hal yang diharapkan nantinya adalah bisa saling menghargai antarpemeluk agama dan bisa berdialog dengan santun dan tidak mendahulukan perbedaan daripada persamaan yang ada.

“Jangan sampai perbedaan justru akan menjadi penghancur di antara masyarakat nantinya sehingga dialog itu sangat penting untuk dilaksanakan,” jelasnya.

Selain workshop dan dialog lintas agama, salah satu agenda penting dalam kegiatan ini adalah membentuk organisasi yang menaungi beberapa komunitas keagamaan di dalamnya. Sehingga nantinya bisa dilakukan dialog bersama. “Tantangan terbesar kita saat untuk mempertahankan kesatuan negara ini adalah perbedaan,” imbuhnya.

Kepala Kemenag Loteng H Nasri Anggara mengatakan, daerah Loteng saat ini masih kaya dengan perbedaan keyakinan masyrakatanya. Berbagai agama bahkan tinggal di daerah ini termasuk juga para turis yang berkunjung ke tempat ini.

Kegiatan ini, lanjut Nasri, diharapkan akan menjadi wadah yang bisa mendatangkan kerukunan antarumat agama yang dianut oleh masyarakat Loteng sehingga output yang diharapkan adalah terbentuknya sebuah perhimpunan lintas agama. “Kami dari pimpinan Kemenag siap menjadi pembina nantinya dalam perhimpunan itu,” tandasnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply