Harus Ada SE untuk Pelaku Hotel

Berbagai produk kerajinan masyarakat KLU.(foto:Dnu/Lomboktoday)

Berbagai produk kerajinan masyarakat KLU.(foto:Dnu/Lomboktoday)

KLU, Lomboktoday.co.id – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Lombok Utara (KLU) berharap agar bupati segera mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk para pengusaha hotel agar bersedia mengakomodir berbagai produk kerajinan daerah setempat.

“Salah satu kendala pengusaha kerajinan tangan di KLU adalah akses pasar. Karena itu, kita harap bupati segara keluarkan edaran untuk semua pengusaha hotel,” terang Sekretaris Dinas Perindagkop KLU Komang Karta kepada Lomboktoday.co.id, Kamis (24/3).

Sejauh ini, lanjut Komang, tidak ada hotel yang mau membeli produk-produk kerajinan lokal. Sehingga semangat untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan belum terdukung secara maksimal.

“Anehnya lagi hotel di KLU justru mengontrak perajin luar KLU. Kalaupun ada yang membeli produk lokal, hanya beberapa hotel saja,” sambungnya.

Ketua UMKM Lombok Utara yang membawahi 60 lebih kelompok perajin se-KLU, Raden Suka menegaskan, para perajin butuh pasar untuk memasarkan karya-karyanya. Soal produk, menurut dia, tidak kalah kualitas dengan daerah lain.

“Kualitas produk kerajinan kita di KLU tidak kalah bagus dan unik. Buktinya banyak pesanan dari luar daerah. Selain itu produk kerajinan kita sering dipamerkan di event-event nasional,” tukasnya.(Dnu)

Kirim Komentar

Leave a Reply