Sejumlah LSM Protes Pemda Loteng

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Sejumlah LSM, seperti LSM Konsosium NTB, Formapi NTB,dan Suaka NTB mendatangi Kantor Bupati Lombok Tengah (Loteng), Kamis (24/3) sekitar pukul 14.00 Wita. Aksi yang dilakukan sejumlah LSM yang ada di wilayah Loteng itu untuk melakukan protes kepada Pemda Loteng karena dinilai lamban menangani hama wereng yang menyerang puluhan hektare padi di wilayah Loteng.

“Kondisi para petani kita di Loteng cukup memprihatinkan  karena tanaman padi mereka diserang hama wereng. Meskipun ada beberapa petani yang sudah panen, namun hasil produksinya juga menurun. Oleh sebab itu, kami ingin mendorong pemerintah daerah yakni Dinas Pertanian dan Peternakan Loteng supaya lebih intens dalam menangani persoalan hama wereng ini,” ungkap Ketua LSM Konsorsium NTB Saeful Muslim.

Menurut dia,  di satu sisi anggaran yang digelontorkan di bidang pertanian cukup besar. Akan tetapi persoalan hama wereng ini semakin meresahkan para petani di Loteng yang masih belum panen.

“Jangan sampai petani kita mengalami kerugian, manakala mereka sudah mengeluarkan dana besar untuk menanam padi,” tegasnya

Bustomi Taeufuri, Ketua LSM Suaka menambahkan bahwa pada intinya pihaknya ingin supaya Pemda lebih memperhatikan nasib petani di Loteng yang padinya diserang hama wereng.

“Karena hingga saat ini hampir ratusan hektare lebih tanaman padi para petani kita yang diserang hama wereng,” ungkapnya

Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri  yang menanggapi menjelaskan dari total luas tanam padi di wilayah Loteng pada tahun 2016 seluas 5.416 hektare lebih, luas tanaman padi yang terkena hama wereng itu sebanyak 317 hektare. Langkah antisipasi yang sudah dilakukan oleh dinas dengan melakukan penyemprotan seluas 900 hektare.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply