Mudahkan Pelayanan Akta, Pemda Loteng Gelar Program Sambang Desa

‘’Kerjasama Humas dan Protokol Setdakab Loteng dengan Lomboktoday.co.id’’

 Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Loteng Lalu Herdan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Loteng Lalu Herdan.

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pembuatan dokumen kependudukan akta kelahiran, Pemerintah Daerah (Pemda) Loteng, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Loteng menggelar pelayanan pembuatan akta keliling ke semua  kecamatan yang ada di wilayah Loteng dalam Program Sambang Desa.

“Kegiatan pelayanan akta keliling merupakan program kerja 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Loteng H Moh Suhaili FT dan Lalu Pathul Bahri sekaligus program pusat. Bagaimana semua masyarakat memiliki akta kelahiran,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol  Setda Loteng Lalu Herdan.

Selain itu juga, kegiatan akta keliling ini dilaksanakan sesuai dengan  adanya  surat edaran Mendagri yang membolehkan pembuatan akta tanpa buku nikah.

”Sekarang ada kemudahan dengan membuat Surat Pertanggungjawaban Mutlak atau SPJM yang dibuat oleh pasangan suami istri itu sendiri,” katanya.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki buku nikah tersebut harus bertanggung jawab selama-lamanya bahwa benar mereka adalah pasangan suami istri. Tidak seperti sebelumnya yang bertanggung jawab justru adalah kepala desa.

”Si pelapor ini harus membuat pernyataan bahwa benar mereka setelah menikah. Tidak seperti yang dulu banyak rekayasa,” ungkapnya.

Dalam pelayanan akta keliling masyarakat juga bisa membuat kelengkapan administrasi penduduk lainnya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan yang lainnya.

”Jadi akta keliling ini akan dimulai dari tanggal 28 Maret nanti ke masing-masing kecamatan. Warga dipersilakan untuk datang dengan membawa persyaratan seperti bisa ke kantor camat masing-masing,” tambahnya.

Sesuai dengan jadwal yang sudah disusun, pelaksanaan akta keliling dimulai dari Kecamatan Pujut dari tanggal 28-30 Maret, Kecamatan Praya Timur tanggal 31 Maret-2 April, Kecamatan Janaparia dari tanggal 4-6 April, Kopang tanggal 7-9 April, Jonggat dari tanggal 11-13 April, Praya Barat Daya dari tangal 14-16 April, Pringgarata dari tanggal 18-20 April, Praya Barat dari tanggal 21-23 April, Batukliang dari tanggal 25-27 April, Praya Tengah dari tanggal 28-30 April, Batukliang Utara dari tanggal 2-3 Mei, dan Kecamatan Praya dari tanggal 4-6 Mei tahun 2016.(adv/ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply