Tata Rumah Adat Limbungan Dianggarkan Rp2,5 Miliar

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,5 miliar untuk penataan rumah adat Dusun Limbungan, Desa Perigi, Kecamatan Suele pada tahun 2016 ini.

Hal ini dilakukan setelah melihat kondisi rumah adat Limbungan yang cukup memprihatikan sehingga harus segera mendapat perbaikan agar nantinya memiliki daya tarik yang tinggi terhadap kunjungan para wisatawan ke lokasi tersebut.

“Tahun ini saya sudah siapkan anggaran untuk renovasi rumah adat Limbungan sebesar Rp2,5 miliar,” kata Ali BD kepada Lomboktoday.co.id.

Dijelaskannya, dirinya sudah memerintahkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Lotim agar memulai untuk merancang arsitekturnya supaya terlihat lebih menarik. Nantinya, rumah adat Limbungan bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Lotim karena adat Limbungan merupakan salah satu rumah adat yang harus dilestarikan keberadaannya.

“Sudah saya perintahkan Kadis Budpar Lotim untuk mulai melakukan disain renovasi rumat adat Limbungan tersebut,” tandas Ali BD.

Terpisah, Kadis Budpar Lotim H Khairil Anwar Mahdi mengatakan untuk perencanaan pemugaran atau renovasi rumat adat Limbungan akan dilakukan mulai bulan April 2016 ini. Dia mengaku bahwa Pemkab Lotim sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,5 miliar.

“Yang kira renovasi mencapai ratusan unit rumah adat karena ini ada permintaan pengunjung serta harus terus dilestarikan,” terang Khairil Anwar Mahdi.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply