Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik untuk NTB

3 minutes reading
Wednesday, 30 Mar 2016 09:57 0 266 Editor
H. Amirudin,SE (5 dari kanan) mendapat aplaus dari Dewan Juri diantaranya : Prof DR Siti Zuhro,  Prof DR JB Kristiadi, Prof DR Eko Prasojo dan  Para Pakar lainnya seusai pemaparan makalah  di Ruang Sidang Kementerian PAN RB Jakarta  (4 Maret 2016)

H Amirudin (5 dari kanan) mendapat aplaus dari Dewan Juri, di antaranya Prof DR Siti Zuhro,
Prof DR JB Kristiadi, Prof DR Eko Prasojo dan
para pakar lainnya seusai pemaparan makalah
di Ruang Sidang Kementerian PAN RB Jakarta, 4 Maret 2016 lalu.(foto:dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – NTB meraih penghargaan dari pemerintah pusat, yaitu Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, khususnya di bidang kearsipan.

Ya, mencari arsip yang selama ini sulit dan terkadang memerlukan waktu berhari-hari. Tapi, kini menjadi lebih mudah dan hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 3 menit saja. Hal ini setelah best practice penemuan arsip dalam 3 menit direplikasikan dalam bentuk aplikasi e-arsipNTB. Karena itulah, penemuan arsip menjadi semakin mudah yaitu hanya memerlukan waktu 1 menit saja.

Inti dari sistem pelayanan cepat di bidang kearsipan ini adalah memberikan kepastian terhadap dua hal. Pertama, bila sistem tidak merespons maka arsip yang kita cari pasti tidak ada. Kepastian ini sangat diperlukan karena selama ini kita sering membuang-buang waktu untuk mencari sesuatu yang tidak ada dalam koleksi kearsipan yang kita miliki. Bahkan tidak jarang seorang pimpinan melibatkan banyak staf untuk mencari arsip, namun arsip yang dicari tidak kunjung ditemukan kendati sudah mencari selama berhari-hari. Dengan kata lain, jangan membuang-buang waktu dan tenaga untuk mencari sesuatu yang tida ada di tempat kita mencari.

Yang kedua, bila sistem memberikan respons maka arsip yang kita cari pasti ada dan kita akan langsung mengetahui posisi arsip yang kita cari, tersimpan di rak yang mana dan boks arsip nomor berapa. Tinggal mengambil.

Prestasi ini merupkan sebuah ikhtiar yang dirintis sejak tahun 2014 dan telah teruji melalui berbagai kompetisi baik di tingkat lokal maupun nasional. Seperti, kompetisi pengelolaan arsip lingkup SKPD Sekretariat Daerah Provinsi NTB tahun 2015, Kompetisi Top Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi NTB tahun 2015, Kompetisi sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional tahun 2016.

Dari tiga kali mengikuti kompetisi, tiga kali pula menjadi yang terbaik, yaitu terbaik I Pengelolaan arsip se-SKPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB tahun 2015, terbaik I Top Inovasi Pelayan Publik Tingkat Provinsi NTB tahun 2015, dan meraih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional setelah menyisihkan 2.471 inovator lain dari seluruh Indonesia.

Selain berbagai prestasi yang telah diraih NTB baik di tingkat nasional maupun internasional, tentu prestasi ini juga semakin menguatkan posisi tawar NTB di kancah global.

Ternyata, prestasi yang diraih ini atas jasa “tangan dingin” H Amirudin, Kepala Sub Bagian Ekspedisi dan Arsip Biro Umum Setda NTB.

Amirudin biasa dipanggil Haji Amir adalah putra kelahiran Dusun Senteluk, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, 29 Januari 1969 silam.(ar/ltd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA