“Warga Utara Jangan Dianaktirikan”

Warga Loteng bagian utara saat dengar pendapat di Gedung DPRD Loteng.(foto: ROS/Lomboktoday.co.id(

Warga Loteng bagian utara saat dengar pendapat di Gedung DPRD Loteng.(foto: ROS/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Terkesan pascadibangunnya Lombok Internasional Airport (LIA) dan ditetapkannya sebagai pintu masuk di wilayah NTB, implementasi pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng) terkesan hanya terpusat pada satu zona saja.

Akibat ketimpangan infrastruktur, perekonomian, sosial, dan pembangunan pariwisata itu membuat puluhan warga perwakilan dari sejumlah desa di bagian utara Loteng dan Forum Kadus Desa Selebung mendatangi Gedung DPRD setempat, Rabu (30/4). Mereka menuntut supaya pembangunan di Loteng khususnya di bagian utara agar tidak dianaktirikan bila dibandingkan dengan pembangunan di bagian selatan.

“Pelaksanaan pembangunan di Loteng saat ini masih terkesan terpusat di satu zona. Untuk itu, kami datang bersama perwakilan warga supaya pemerintah daerah juga  memperhatikan pembangunan di wilayah Loteng bagian utara,” tandas koordinator lapangan aksi Agus Kusuma Hadi.

Sesuai dengan RTRW Loteng kawasan utara ditetapkan sebagai Zona Agropolitan Aik Meneng. Akan tetapi sampai saat ini masih menjadi konsep semata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng H Lalu Putria mengatakan, arah pembangunan pariwisata di Loteng ini sudah ada di dalam RTRW. Zona utara tetap akan menjadi perhatian pemerintah. Pada tahun 2016 Loteng bagian utara diwacanakan menjadi geopark dunia, dan tidak akan kalah dengan potensi yang ada di Loteng bagian selatan.

“Saat ini masih tahap perencanaan, dan banyak investor yang akan membangun di Loteng,” ucapnya.

Anggota DPRD Loteng Lege Warman mengatakan bahwa pada intinya Pemkab Loteng tetap memperhatikan pembangunan di Loteng.

“Sesuai dengan RTRW Loteng, bagian utara akan dijadikan geopark dunia,” kata dia dan berharap adanya kerjasama yang baik dari semua pihak, guna meningkatkan pembangunan di Loteng.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply