NTB Berharap Dapat WTP Lagi

Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi mewakili Pemerintah Provinsi NTB menyampaikan LKPD Tahun 2015 kepada Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi NTB  Sumardi.

Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi mewakili Pemerintah Provinsi NTB menyampaikan LKPD Tahun 2015 kepada Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi NTB Sumardi.(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Gubernur NTB bersama para Bupati dan Walikota se-NTB menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI NTB. Hal ini untuk memenuhi ketentuan penyampaian LKPD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Dari penyampaian oleh kepala daerah kita berharap bahwa LKPD ini akan menggambar sisi akuntabilitas, tata kelola keuangan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Provinsi NTB sendiri berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan berharap untuk tahun 2015 ini akan mendapat WTP kembali,” ungkap Kepala Biro Humas Pemprov NTB Yusron Hadi, Kamis (31/3).

Merujuk pada substansi LKPD NTB untuk tahun 2015 tergambar bahwa dari berbagai komponen   baik itu Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan Atas Laporan Keuangan menunjukkan hal-hal yang positif.

Misalnya, realisasi pendapatan daerah pada 2015 sekitar 96,99 persen meningkat bila dibandingkan pada tahun 2014 sebesar 95,41 persen. Realisasi Belanja pada 2015 juga meningkat sebesar  92,95 persen, sementara di tahun 2014 sebesar 90,22 persen.

“Tentu hal ini sangat menggembirakan bagi kita, bahwa apa yang diikhtiarkan oleh pemerintah provinsi mudah-mudahan dirasakan manfaatnya bagi kemajuan masyarakat. Indikator yang lain pun menggambarkan hal yang sama, dan semoga terus kita berupaya agar tata kelola keuangan baik di provinsi maupun kabupaten/kota bisa makin baik di tahun-tahun mendatang,” jelas Yusron Hadi.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply