Lotim Belum Tuntaskan Buta Aksara

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Hingga masuk tahun 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) ternyata belum berhasil menuntaskan angka buta aksara. Padahal, pada masa mantan Bupati HM Sukiman Azmy ditargetkan penuntasan sampai tahun 2013, namun sampai pergantian Bupati Lotim pun belum juga berhasil dituntaskan.

Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Lotim H Lalu Nursalim saat dikonfirmasi Lomboktoday.co.id membenarkan kalau sampai saat ini masih ada masyarakat Lotim yang buta aksara.

“Memang kita akui kalau Lotim belum bebas angka buta aksara,” ujarnya seraya mengatakan pemerintah tetap melakukan program penuntasan buta aksara setiap tahunnya.

Nursalim menjelaskan mulai tahun 2015 lalu dari pemerintah daerah melakukan penuntasan dengan sistem blok. Dengan mengambil dua kecamatan terlebih dahulu yakni Labuhan Haji dan Sikur. Namun, belum bisa tuntas.

Jika tuntas di dua kecamatan baru mengarah ke kecamatan lainnya yang masyarakatnya belum melek huruf atau buta aksara. Dengan tetap menggunakan sistem blok dan melihat anggaran yang tersedia untuk program tersebut.

“Sisa dua kecamatan yang belum tuntas sebanyak 500 orang,” tambah Nursalim seraya mengatakan untuk anggaran penuntasan program ini ada yang bersumber dari APBN,Provinsi dan sharing anggaran APBD Lotim.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *