PAUD/TK di Lotim Dapat Bantuan Rp8 Miliar Lebih

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/Taman Kanak-kanak (TK) di bawah binaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) memperoleh suntikan dana dari APBN tahun 2016 sebesar Rp8,940 miliar. Namun tidak semua PAUD yang dapat, hanyayang memenuhi persyaratan saja.

“Memang tahun ini PAUD memperoleh bantuan miliaran rupiah bersumber dari APBN,” terang Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Dikpora Lotim H Lalu Nursalim kepada Lomboktoday.co.id di ruang kerjanya, Sabtu (2/4).

Dijelaskannya, jumlah PAUD/TK  yang ada di Lotim baik negeri maupun swasta sebanyak 842 buah yang tersebar di 20 kecamatan. Namun, dari jumlah itu hanya delapan PAUD/TK negeri dan 684 PAUD/TK swasta yang memperoleh bantuan.

Untuk PAUD/TK swasta paling rendah jumlah bantuan yang diterima sebesar Rp7 juta dengan jumlah siswanya sebanyak 12 orang dan tertinggi sebesar Rp18 juta yang jumlah siswanya sebanyak 30 orang.

“Tidak semua PAUD/TK memperoleh bantuan mengingat anggaran yang terbatas,” tambah Nursalim seraya mengatakan untuk TK negeri jumlah bantuan yang diterima sebesar Rp24 juta dengan perhitungan masing-masing siswa memperoleh bantuan Rp600 ribu.

Selain itu,tambah Nursalim dari APBD Lotim juga tahun ini memperoleh bantuan bagi PAUD se-Lotim sebesar Rp741 juta, tetapi belum dibagikan. Namun yang jelas persyaratannya sama dengan bantuan yang bersumber dari APBN.

“Jumlah siswa PAUD/TK se-Lotim sebanyak 40.826 orang sedangkan yang memperoleh bantuan sebanyak 14.900 orang,” ujar Kabid Dikdas seraya menegaskan kembali anak usia dini yang memperoleh bantuan itu umurnya 4 sampai dengan 6 tahun.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *