Bangun Politeknik Pariwisata, Swiss Minta Dukungan Pemprov NTB

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Linggawaty Hakim menemui Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, Senin (4/4) untuk membangun politeknik pariwisata.(foto: dok Humas NTB)

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Linggawaty Hakim berbicara dengan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, Senin (4/4) untuk membangun politeknik pariwisata.(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Linggawaty Hakim mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi NTB, terkait rencana bantuan yang akan diberikan Swiss terhadap pembangunan politeknik negeri pariwisata di Kawasan Ekonomi, Mandalika Resort.

Menurut Linggawaty yang menemui Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi di ruang kerjanya, Senin (4/4), bantuan itu rencananya akan diberikan untuk peningkatan SDM (capacity building), kurikulum, dan modul, dari pengajar perhotelan dari Swiss.

Seperti diketahui, Swiss boleh dikatakan sebagai negara kecil yang unggul dalam bidang pendidikan yang diperlukan dalam industri perhotelan. Negara ini merupakan tempat diawalinya pendidikan profesional di bidang perhotelan.

Dia menjelaskan, dalam  waktu dekat, kerjasama ditargetkan dapat memberdayakan masyarakat lokal, baik dari segi peningkatan SDM maupun ekonominya dan untuk jangka panjang juga diharapkan dapat membantu pemerintah mencapai target pariwisata daerah karena konsepnya yang dibangun berbasis ecotourism.

“Jika nantinya politeknik ini bisa berkualifikasi internasional, mencetak lulusan dengan keahlian kelas dunia, ngapain sekolah ke Swiss?” ujarnya mantap.

Namun demikian ia menyatakan, bahwa dalam prosesnya nanti, dukungan dari  pemerintah provinsi, baik moriil maupun materil tentu sangat diharapkan. Apalagi dalam proses Training of Trainers, di tahap awal pasti butuh dana yang tidak sedikit, jadi ia berharap dengan pendekatan dan kerjasama Government to Government antara pemerintah Swiss dan Indonesia, segala sesuatunya bisa lebih mudah.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Mantan Duta Besar RI untuk Argentina Kartini Sjahrir, Ketua TP PKK NTB Hj Erica Zainul Majdi, Asisten Ekonomi Pembangunan H Lalu Gita Ariadi, Kepala Biro Humas dan Protokol NTB H Yusron Hadi ini, Zainul Majdi menyampaikan dukungannya atas rencana kerjasama ini serta berharap segala sesuatunya dapat berjalan lancar.

Ia berharap politeknik ini nantinya dapat menjadi alternatif pilihan sekolah pariwisata bagi negara di kawasan Asean.

“Kami akan dukung sepenuhnya, terlebih hal ini menunjukkan signal positif yang dapat  memperkokoh kerjasama Indonesia-Swiss,” jelas gubernur.

Proses belajar mengajar di politeknik negeri ini rencananya akan dimulai tahun ini.

“12 April 2016 mendatang akan dilaunching penerimaan mahasiswa baru dan untuk tahap awal akan diakomodir 120 mahasiswa. Selama proses pembangunan gedung belum selesai, kegiatan belajar mengajar akan dipusatkan di gedung BKD NTB,” demikian Kepala Biro Humas dan Protokol Yusron Hadi menambahkan.(ar/ltd) 

Kirim Komentar

Leave a Reply