Integritas UN Diharap Semakin Meningkat

Saat meninjau UN di SMAN 1 Mataram.(foto:dok Humas NTB)

Saat meninjau UN di SMAN 1 Mataram.(foto:dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi berharap agar sistem Ujian Nasional yang dibangun sekarang, metode ujian berbasis komputer, integritas UN semakin meningkat. “Peluang untuk hal-hal tidak baik makin sulit,” ujarnya saat memantau langsung pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Paper Based Test (PBT) di sejumlah sekolah di Mataram yang di antaranya SMAN 1 Mataram dan MAN 1 Mataram, Senin (4/3).

Orang nomor 1 di NTB ini menambahkan UN di konsep dalam UU Nasional tidak menentukan kelulusan, tetapi UN tetap penting karena bisa menjadi dasar memetakan kualitas pendidikan nasional, termasuk di NTB.

“Hasil dari pemetaan dapat menjadi bahan bagi Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita,” tandas gubernur.

Dengan adanya sistem yang ada sekarang, kata gubernur, sudah tidak ada ruang untuk melakukan kecurangan atau mampu meminimalisir kecurangan. UN juga tidak menentukan prestise dari sebuah sekolah.

“Jadi kita tidak perlu khawatir  sepanjang sekolah-sekolah di NTB mampu melahirkan alumni-alumni yang bermanfaat,” ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan Wakil Gubernur NTB H Muh Amin yang memantau sejumlah sekolah di Kabupaten Lombok Barat, seperti SMAN 1 Gerung, MAN 1 Gerung, SMKN 1 Kuripan, dan SMKN 2 Kuripan.

Pemantauan bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan UNBK dan PBT berjalan sesuai harapan. Dalam pemantauan tersebut agar pelaksanaan UNBK dan PBT terlaksana dengan nyaman dan baik.

Wakil Gubernur NTB H Muh Amin saat memantau pelaksanaan UNBK dan PBT di Lombok Barat menekankan pentingnya sumber daya listrik untuk mendukung pelaksanaan UN yang saat ini sudah berbasis komputer. Tanpa jaminan listrik yang memadai maka akan dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan UNBK.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply