Entaskan Kemiskinan, NTB Bisa Tiru Kulon Progo

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi berdikusi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB Prijono.(foto: dok Humas NTB)

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi berdikusi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB Prijono.(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Tingkat pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kulonprogo adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia. Hal ini karena dalam pengentasan kemiskinan ada pendataan yang akurat mengenai jumlah penduduk yang miskin.

Penjelasan itu dilontarkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB Prijono saat berdiskusi dengan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi di ruang kerja gubernur, Selasa (5/4).

Prijono mengatakan hal itu setelah dirinya bersama Komite IV DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta.

“Pendataan yang akurat dapat diperoleh dengan sistem informasi yang baik sehingga menghasilkan pemetaan kantong-kantong kemiskinan. Nantinya, pemerintah daerah akan langsung menyasar daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi dengan program-program unggulan untuk mengentaskan kemiskinan,” ujarnya yang saat berdikusi dengan gubernur ditemani Deputi BI Wahyu Yuwana.

Gubernur NTB pun langsung merespons usulan tersebut. “Program-program unggulan yang relevan dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kulonprogo dapat kita adaptasi,” ujar Zainul Majdi.

Namun, lanjut gubernur, kondisi demografi NTB memiliki karaktetistik yang unik. Penduduk miskin NTB banyak yang memilih mengubah hidupnya dengan bekerja di negeri orang. Hal inilah yang mengakibatkan data penduduk miskin NTB belum ada yang akurat.

“Sayangnya masyarakat NTB yang bekerja di luar negeri ketika balik ke NTB memiliki perilaku yang konsumtif. Seharusnya hasil bekerja diluar dipikirkan untuk membangun usaha. Jadi, tidak perlu lagi bekerja di luar negeri,” ungkap Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply