Arab Saudi dan 48 Negara Islam Lainnya Gunakan Vaksin dari Indonesia

MATARAM, Lomboktoday.co.id РArab Saudi dan 48 negara Islam lainnya sudah menggunakan produk vaksin hasil produksi PT Bio Farma, salah satu BUMN farmasi di Indonesia. Sejauh ini Bio Farma juga mengekspor vaksin ke 130 negara lainnya dengan nilai lebih dari 114 USD juta per tahun.

Corporate Secretary Bio Farma, Rahman Rustan mengatakan, saat ini jenis vaksin yang telah diekspor ke Arab Saudi masih terbatas pada vaksin DT, Polio, dan Pentabio (DDTP-HepB-HiB).

“Diharapkan ke depannya jenis vaksin lain juga dapat menembus pasar Timur Tengah,”kata Rahman, dalam acara media gathering dan workshop vaksin bersama media massa, Minggu malam (10/4), di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB.

Menurut Rahman, permintaan vaksin dari Indonesia ke Arab Saudi dan negara Islam lainnya diperkirakan akan terus meningkat. Apalagi vaksin produksi Bio Farma sudah lulus kualifikasi World Health Organization (WHO).

“Bio Farma merupakan satu-satunya perusahaan dari Indonesia, negeri muslim terbesar di Asia, yang mendapat predikat tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, dengan keahlian yang dimiliki di bidang vaksin, Bio Farma berkomitmen untuk mewujudkan kemandirian vaksin bagi negara Islam melalui sharing knowledge dan transfer teknologi.

Diharapkan hal tersebut dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik Indonesia maupun negara Islam lainnya, termasuk Arab Saudi.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply