Pupuk di Loteng Dirasa Cukup

Saat memonitor ketersediaan pupuk di distributor di Loteng,(foto: Ros/Lomboktoday.co.id)

Saat memonitor ketersediaan pupuk di distributor di Loteng,(foto: Ros/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Pupuk sangat dibutuhkan para petani. Karena itulah, ketersediaannya harus bisa mencukupi. Dan, Selasa (12/4), Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng) Lalu Pathul Bahri, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Loteng Nasrun, dan Kepala Diskoperindag dan UMKM  Loteng H Amir Husen melakukan monitoring ketersediaan pupuk di sejumlah distributor pupuk di Loteng. Seperti di distributor pupuk PT Ilham Tani, PT Sari Sentosa Puyung, dan distributor KUD Bina Karya, Kecamatan Batukliang.

“Kegiatan ini guna menjamin ketersediaan stok pupuk bersubsidi di semua distributor bagi para petani di Loteng pada musim tanam MK I. Dan stok pupuk pada MK I tahun 2016 ini sudah cukup,” ucap Pathul Bahri.

“Hanya sekarang bagaimana pengawasan penyaluranya di tingkat pengecer supaya lebih baik lagi. Sehingga  para petani kita tidak lagi mengeluhkan kelangkaan pupuk,” tambahnya.

Direktur PT Ilham Tani, Ilham yang merupakan distributor pupuk bersubsidi menjelaskan, untuk stok pupuk pada MK I ini sudah siap. Dan pihaknya juga menjamin ketersedian pupuk bagi para petani di Loteng.

“Jumlah Stok pupuk saat ini sekitar 500 ton. Dan yang wajib kita tebus bulan April ini tinggal 1.500 ton pupuk,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jumlah pengecer yang berada di bawah binaanya sebanyak 70 pengecer. Setiap hari selalu ada pembelian dari para pengecer.

“Justru kami khawatir dari stok pupuk yang ada, tidak bisa diserap semua oleh petani,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Pimpinan CV Sari Sentosa Puyung HM Syukur. Kata dia, untuk stok pupuk pada MK I tahun ini cukup jika melihat dari RDKK petani di Loteng.

“Jumlah kapasitas gudang kami saat ini sebanyak 2.000 ton pupuk. Setiap hari penyaluran ke tingkat pengecer terus dilakukan,” kata dia.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply