Guru Jangan Hanya Terpaku Rutinitas Saja

Gubernur NTB THG M Zainul Majdi saat menerima penghargaan dari pengurus IGI.(foto: dok Humas NTB)

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi saat menerima penghargaan dari pengurus IGI.(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Guru-guru harus lebih kreatif, memperluas wawasan, dan jangan hanya terpaku pada rutinitas.

Hal itu dilontarkan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi saat menerima Wakil Ketua Umum IGI Pusat Ernawaty yang bersilaturahim ke ruang kerjanya, Rabu (13/4).

Oleh sebab itu, IGI harus bisa menjadi tempat untuk mengasah kemampuan dan kompetensi anggotanya.

“Kalau para guru bisa mengasah profesionalitasnya, menyempurnakan kompetensinya, maka akan berkorelasi langsung terhadap kualitas pendidikan kita,” tandas Zainul Majdi.

Di sisi lain, gubernur menekankan bahwa sebagai salah satu organisasi profesi, Ikatan Guru Indonesia (IGI) diharapkan dapat menambah kekuatan konsolidasi guru secara keseluruhan.

“Mari buktikan beragamnya organisasi profesi tidak menimbulkan perselisihan atau persaingan. Justru IGI harus selalu menjaga silaturahim dan sinergitasnya dengan organisasi sejawat lainnya, seperti PGRI,” ungkapnya.

Menurut Zainul Majdi, bagi sebuah organisasi  adalah mempertahankan solidaritas dan kekuatan internal, untuk menghadapi kekuatan dari luar.

“Sebagai organisasi profesi, sebaiknya harus punya daya tawar terhadap pihak luar, untuk memperjuangkan hak-hak anggotanya, termasuk juga bisa menjadi fasilitator anggotanya dengan pemerintah daerah,” kata gubernur dan menambahkan bahwa untuk pelaksanaan  programnya, IGI harus melakukan koordinasi dengan Dinas Dikpora.

Ernawaty yang datang didampingi pengurus IGI NTB, yakni Ketua IGI Ulil Amry, Wakil Ketua Eka Wahyuningsih, dan Sekretaris Halil Subabiono, menjelaskan bahwa sejak disahkan oleh Kemenkumham 2009 silam, IGI terus melaksanakan inovasi dan berbagai program yang mengarah kepada peningkatkan kualitas anggotanya. Seperti program literasi, program guru saudara, dan program guru menulis.

Ketua IGI NTB Ulil Amry menjelaskan bahwa pada kongres ke-2 IGI di Makassar beberapa waktu lalu, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mendapat penghargaan dari IGI Pusat, atas perannya sebagai kepala daerah yang dianggap peduli dengan guru.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply