Pembangunan KEK Mandalika Dipercepat

Menteri Pariwisata Arief Yahya berjabat tangan dengan Wagub NTB H Muh Amin.(dok Humas NTB)

Menteri Pariwisata Arief Yahya berjabat tangan dengan Wagub NTB H Muh Amin.(dok Humas NTB)

JAKARTA, Lomboktoday.co.id – Kementerian Pariwisata,  Pemerintah Provinsi NTB, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah berkomitmen mempercepat pembangunan destinasi pariwisata prioritas nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama Menteri Pariwisata RI dengan Pemerintah Provinsi NTB oleh Wakil Gubernur NTB H Muh Amin yang didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Lalu Gita Ariadi dan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah oleh Bupati Lombok Tengah H Suhaili FT pada Rapat Koordinasi Perepatan Pembangunan sepuluh Destinasi Pariwisata Prioritas di Sari Pan Pasifik, Jakarta, Rabu (13/4).

Rapat koordinasi nasional (Rakornas) bertujuan membahas percepatan pembangunan terhadap 10 destinasi pariwisata prioritas dan update kebutuhan dan critical sucsess factor pada destinasi tersebut. Penetapan 10 destinasi prioritas ini merupakan amanat presiden, melalui surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 perihal Arahan Presiden Republik Indonesia mengenai Pariwisata dan Arahan Presiden pada Sidang Kabinet Awal Tahun pada tanggal 4 Januari 2016. Destinasi-destinasi yang dimaksud adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo – Tengger – Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

“Satu Critical Sucsess Factor dari upaya percepatan ini adalah pembentukan manajeman yang terintegrasi atau Single Destination, Single Management. Perwujudan dari manajemen terpadu ini adalah pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus dan Badan Otorita,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Wagub NTB mendukung kebijakan Kemenpar RI yang menetapkan satu manajemen untuk satu destinasi. Dia berharap dengan kemudahan manajemen ini dapat menjadi  momentum untuk bergerak lebih cepat agar pembangunan Mandalika segera rampung dan kemanfaatannya dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

“Komitmen ini menunjukkan keseriusan pemerintah membangun kawasan Mandalika dan sebentar lagi juga akan mulai dibangun Masjid Agung Mandalika pada Juli mendatang,” demikian Wagub NTB.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply