KTP Manual Masih Beredar di Lotim

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kendati Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sudah tidak lagi memberlakukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) manual atau reguler seiring dengan diberlakukan E-KTP sejak bulan Maret 2016, namun dalam kenyataannya masih beredar pembuatan KTP reguler di masyarakat.

Inilah yang mengundang pertanyaan besar di kalangan masyarakat Lotim. Ada indikasi kalau dugaan permainan oknum pegawai di lingkungan Dinas Dukcapil Lotim dengan para calo KTP, KK maupun akta kelahiran.

“Kalau memang KTP manual sudah tidak berlaku, kenapa masih beradar, buktinya saya bisa membuat KTP manual dengan melalui calo hanya membayar Rp50.000 bisa langsung jadi,” kata salah seorang masyarakat Lotim yang enggan dikorankan namanya.

Sekretaris Dinas Dukcapil Lotim Andika Wijaya saat dikonfirmasi membantah dengan tegas kalau KTP manual itu masih beredar karena yang berlaku sekarang ini adalah E-KTP sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat.

“Penggunaan KTP manual sudah kita cabut sejak Maret 2015 lalu, tapi kalau ada yang membuat KTP manual itu namanya penipuan,” terang Andika Wijaya seraya mengatakan silakan tunjukkan bukti KTP manual yang masih beredar dan dibuat masyarakat tersebut agar menjadi jelas.

Andika yang juga mantan Sekdis ESDM PP Lotim itu menegaskan pihaknya terus menerus memberikan pemahaman dan pegertian kepada masyarakat agar menjauhi calo dalam pengurusan administrasi kependudukan. Karena akan lebih banyak biayanya kalau menggunakan calo ketimbang langsung mengurus sendiri.

“Untuk mempersempit ruang gerak calo, kami sudah menerapkan pelayanan pembuatan KTP langsung ke desa-desa dengan cara jemput bola. Dengan langsung membawa alatnya ke desa tersebut,” ungkapnya.

“Untuk pelayanan di desa-desa kami membuat jadwal, dengan tentunya sasaran desa yang berada di pinggiran,” terang Sekdis Duskcapil Lotim Andika  Wijaya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply