Perhelatan Event Nasional di NTB Jangan Terkesan Hanya Hura-hura

Saat rapat persiapan penyelenggaraan 4 event yang pertama kali digabungkan.(foto: dok Humas NTB)

Saat rapat persiapan penyelenggaraan 4 event yang pertama kali digabungkan.(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – NTB semakin laris menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional di tahun 2016 ini. Selain HPN dan MTQ Nasional ke-26, NTB juga akan menjadi tuan rumah perhelatan gabungan 4 event nasional, yang akan digelar bersamaan pada bulan November mendatang.

Keempat event itu adalah Hari Kesatuan Gerak PKK ke-44 Tingkat Nasional, BBGRM XIII, Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan tingkat nasional, dan Gelar Teknologi Tepat Guna XVIII.

Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo langsung memimpin rapat persiapan penyelenggaraan event yang pertama kali digabungkan ini, Kamis {14/4} malam di Pendopo Gubernur NTB. Rapat digelar bersama rombongan TP PKK Pusat, Ketua TP PKK NTB Hj Erica Zainul Majdi beserta jajarannya, Sekda NTB HM Nur dan SKPD terkait lainnya.

Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menyampaikan agar pelaksanaan event ini jangan berlebihan, tidak terkesan hura-hura.

“Alangkah baiknya dalam kegiatan ini PKK menunjukkan dukungan gerakan-gerakan nasional seperti Gerakan Indonesia Bersih dan Gerakan Nasional Stop Menggunakan Plastik. Jadi jangan acara seremonialnya yang kental,” ungkap istri Menteri Dalam Negeri RI ini.

Senada dengan itu, Ketua TP PKK NTB Erica Zainul Majdi ingin agar pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

”Panggung dan tempat acara sebaiknya tidak berlebihan, namun lebih menunjukkan kultur dan budaya desa-desa di  NTB,” sarannya.

“Dalam event ini kita akan menampilkan miniatur NTB dengan kehidupan desa nelayan, desa tenun, desa perajin ketaq, dan sebagainya sehingga makna seremonialnya dapat tersampaikan kepada pengunjung yang datang,” ungkapnya.

Kepala BPMPD NTB Bacharudin melaporkan bahwa gabungan 4 event nasional dengan estimasi peserta 15.000 orang dari seluruh Indonesia akan dilaksanakan di Bandara Selaparang. “Hari Kesatuan Gerak PKK akan menjadi core even dalam gabungan acara ini,” ungkapnya.

Sekda NTB HM Nur juga memastikan akan mengawal event ini seperti arahan dari Ketua Umum TP PKK dan akan menjadi penyelenggara yang baik. “Kami akan pastikan bahwa acara nanti betul integrasikan pemerintah dan masyarakat serta smua komponen yang ada,” pungkasnya.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply