SKO Bakal Dibangun di Lombok Tengah

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Pembangunan di bidang pendidikan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Misalnya saja, pembangunan Politeknik Pariwisata yang akan dibangun pada tahun 2016 ini. Tidak hanya itu. Kali ini direncanakan akan ada pembangunan Sekolah Kejuruan Olahraga (SKO) setara dengan SMA dibangun di Loteng. Ternyata, SKO ini baru ada 12 sekolah di Indonesia.

“Tadi, ada tim verifikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang datang untuk melakukan verifikasi terhadap lahan pembangunan SKO,” ungkap Kabid Dikdas Dikpora Loteng H Sumum, Selasa (19/4).

Menurut dia, lokasi yang disiapkan untuk pembangunan SKO itu ada dua, yaitu tanah 1 hektare di belakang SMAN 2 Praya dan tanah yang ada di Batu Nyale, Praya Tengah.

Dia memprediksi untuk lokasi pembangunan SKO kemungkinan akan disetujui di Praya Tengah karena untuk lahannya yang lebih luas. Fasilitas pembangunan SKO ini nantinya lebih dominan fasilitas olahraga sehingga membutuhkan lahan yang luas.

“Sertifikat lahan yang disiapkan Pemkab itu sudah kita serahkan kepada tim verifikasi,” lanjut Sumum.

Pembangunan SKO ini sudah yang ketiga kalinya diusulkan. Pertama diusulkan provinsi, namun tidak ada respons. Kedua diusulkan Lombok Barat, namun terkendala lahan dan yang ketiga Kabupaten Loteng baru ada respons dari pemerintah pusat.

Sementara itu, dana pembangunan SKO itu akan ditanggung oleh pemerintah pusat. Dikpora dalam hal ini hanya menyiapkan lahannya saja. Informasinya anggaran pembangunan SKO itu Rp23 miliar.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply