Pemikiran Keluarga Penderita Gizi Buruk Masih Sempit

Bupati Lobar H Fauzan Khalid.(foto: dok Humas Lobar)

Bupati Lobar H Fauzan Khalid.(foto: dok)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Bupati  Lombok Barat H Fauzan Khalid menyatakan ketidakpahamannya terhadap cara pandang atau pemikiran sempit orangtua atau keluarga penderita gizi buruk. Padahal, Pemda sudah memberi sumbangan uang harian sebesar Rp40.000 per hari. “Tetapi saya tidak paham kenapa mereka justru tidak mengakui hal itu dan malah membawanya pulang,” jelasnya di Gerung, Kamis (21/4).

Ia menjelaskan, Pemda telah melakukan berbagai macam cara untuk membantu mereka. Hal ini agar Pemda tidak disalahkan jika terjadi sesuatu.

Gizi buruk banyak disebabkan penyakit lainnya. Ia mencontohkan pasien asal Gunungsari yang juga mengalami TBC. Hal ini ditularkan langsung oleh ayahnya sendiri. Menurut dia, kejadian seperti ini akan sangat sulit untuk ditangani. Sebab, TBC pasien tersebut sudah akut. Pasien ini pun dipaksa pulang oleh keluarganya.

Meski demikian, Fauzan mengaku telah memerintahkan penderita untuk tetap dirawat di Puskesmas. Jika tidak mau dibawa ke rumah sakit, perawat Puskesmas diminta untuk mengantarkannya.

Kasus gizi buruk di Lobar makin dilematis. , menyatakan, saat ini RSUD tengah merawat tiga pasien gizi buruk dari enam orang. Sisanya sudah kembali pulang. Mereka  pulang dengan alasan kondisinya sudah pulih dan sebagian terpaksa pulang. Artinya, pihak keluarga membawa pulang pasien dengan alasan biaya.

Dikatakannya, empat dari pasien gizi buruk juga memiliki penyakit lain. Hal tersebut yang memicu muncul penyakit gizi buruk. Kelainan tersebut seperti penyakit TBC, penyakit jantung, dan lainnya. “Yang murni gizi buruk dua orang. Saat ini RSUD tengah melakukan pengobatan pada penyakit lain pasien. Selain itu, dokter juga melakukan intervensi gizi pasien,” terangnya.(hrw)

1 Komentar

  1. Tipsgizi.comFriday, 22 April 2016 at 10:37Reply

    Gizi buruk disebabkan kurangnya nutrisi seorang anak dari orangtua nya. Setelah kelahiran, ASI Eksklusif sangat penting bagi bayi..simak tipsnya berikut ini :

    https://tipsgizi.com/2016/04/18/3-tips-sukses-asi-eksklusif/

Leave a Reply