Kementerian PUPR Akan Bangun Bendungan di Dasan Geria

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menetapkan Desa Dasan Geria, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat sebagai lokasi proyek pembangunan bendungan dengan luas genangan kurang lebih 54,98 hektare, luas sabuk hijau kurang lebih 36,19 hektare, dengan ketinggian/kedalaman bendungan sepanjang 78 meter. Proyek ini pun akan menggerus perkebunan warga setempat.

“Memang benar di desa kami akan dibangun bendungan berskala besar dan megah yang akan menggerus perkebunan warga,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lombok Barat Sakri yang dibenarkan Plt Kades Dasan Geria Mawardi,  Jumat (22/4) di Giri Menang, Gerung.

Menurut Sakri, dipastikan bendungan akan dibangun pada tahun ini. Sebab, beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat turun melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tanahnya akan digusur. Mereka terdiri dari 17 KK. Saat ini tengah dilakukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang telah dilakukan selama 10 hari.

Dijelaskan Sakri, proyek ini punya dampak positif meski tanah warga.  Seperti, warga akan diberikan hak untuk pengelolaan bendungan yang akan ditambah dengan adanya fasilitas wisata. Sawah-sawah mereka juga tidak akan kekurangan air.

Bendungan baru ini direncanakan akan dimanfaatkan untuk menambah suplai air untuk irigasi, bahan baku air minum, tenaga listrik, dan lain-lain.

“Kami setuju walaupun ada dampak negatifnya,” ujar Sakri.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply