Lombok Peringkat Lima Besar Asia

Peta Pulau Lombok. (Dok/Lomboktoday.co.id)

Peta Pulau Lombok. (Dok/Lomboktoday.co.id)

JAKARTA, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) patut berbangga. Pasalnya, Lombok akhirnya mampu meraih peringkat lima besar sebagai pulau untuk tujuan wisata terbaik se-Asia.

Bahkan tak hanya Lombok semata, tapi Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU) pun menduduki posisi terhormat di Asia. Yakni berada pada posisi enam besar Asia. Itu sesuai hasil penilaian TripAdvisor, sebuah situs wisata terbesar di dunia.

TripAdvisor merupakan komunitas wisata terbesar di dunia yang menjangkau 350 juta pengunjung unik setiap bulannya. Web ini juga menampilkan lebih dari 290 juta ulasan dan opini tentang 5,3 juta akomodasi, restoran, dan objek wisata dunia.

Lombok dan Gili Trawangan ini berhasil menyisihkan pulau-pulau traveler sebagai surga duniawi. Diantaranya; Boracay (Filipina), Langkawi (Malaysia), Havelock Island (India), dan Taketomicho Iriomote-Jima (Jepang).

‘’Penilaiannya diukur selama 12 bulan berdasarkan ulasan dan pengakuan wisatawan,’’ kata Direktur Komunikasi Asia Pasifik TripAdvisor, Janice Lee Fang.

Berikut 10 pulau peringkat terbaik di Asia versi TripAdvisor, yakni; peringkat 1 diraih Bali (Indonesia), peringkat 2 Phuket (Thailand), peringkat 3 Ko Samui (Thailand), peringkat 4 Koh Tao (Thailand), peringkat 5 Lombok (Indonesia), peringkat 6 Gili Trawangan (Indonesia), peringkat 7 Boracay (Filipina), peringkat 8 Langkawi (Malaysia), peringkat 9 Havelock Island (India), dan peringkat 10 Taketomicho Iriomote-Jima (Jepang).

Pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengapresiasi terhadap tiga pulau yang berhasil menduduki posisi terhormat di Asia itu. Patut disyukuri karena Indonesia diberkati dengan ribuan pulau indah yang menawarkan pemandangan spektakuler, suasana yang unik, dan keanekaragaman hayati laut yang sangat kaya.

‘’Lombok, Gili Trawangan dan Bali adalah contoh pulau terbaik sebagai tujuan yang bagus untuk dikunjungi. Kami ingin mengucapkan terima kasih TripAdvisor untuk pengakuan ini. Kami mengundang wisatawan seluruh dunia untuk datang mengeksplorasi lebih jauh keindahan pulau-pulau ini,’’ kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar RI, Esthy Reko Astuti, di Jakarta, Jumat malam (22/4).

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan agar Lombok, Gili Trawangan dan Bali terus berpromosi ke mancanegara. Karena, TripAdvisor ini dinilai cukup kompeten dan kredibel di kalangan travellers. Perusahaan yang berawal dari platform ‘Look’ atau ‘search’ ini meng-collect data dari testimoni costumers atau netizen. Mereka menulis sendiri di wall TripAdvisor tentang apa saja yang mereka alami. Mau senang, susah, happy, marah-marah, semua ditumpahkan dalam curhat TripAdvisor. Tapi lantaran itu, website ini makin dicari orang untuk merencanakan wisatanya.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply