Pemkab Lombok Timur Diminta Manfaatkan Kawasan TNGR

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur diminta untuk memanfaatkan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Hal ini agar bisa mendatangkan hasil bagi pemerintah daerah terutama mengenai masalah retribusi  yang nantinya bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Lombok Timur.

“Kenapa tidak Pemkab Lotim bisa memanfaatkan kawasan TNGR untuk penarikan retribusi bagi daerah,” tegas Kepala Balai TNGR NTB Agus Budi Santoso kepada Lomboktoday.co.id.

Dijelaskannya untuk bisa memanfaatkan kawasan tersebut, maka tentunya dari pemerintah daerah terlebih dahulu harus membuat Peraturan Daerah (Perda) atau bisa juga menggunakan Peraturan Bupati (Perbup). Setelah itu bisa melakukan kerjasama atau MoU antara TNGR dengan Pemkab Lotim dalam penarikan retribusi di kawasan TNGR. Seperti contoh penarikan retribusi sampah bagi para pengunjung yang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

“Sayang kalau Pemkab Lotim tidak memanfaatkan peluang yang kita sarankan karena kalau Lotim tidak bisa, maka Pemprov sudah bersedia untuk itu,” tambah Agus Budi Santoso seraya mengatakan pihaknya juga telah melakukan silaturahmi dengan Bupati Lotim. “Beliau welcome mengenai apa yang kita sampaikan,” ujarnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply