TNGR NTB Ingin Jadi Nomor Satu di Indonesia

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Nusa Tenggara Barat menginginkan menjadi taman nomor satu se Indonesia.  Artinya, TNGR bisa mengalahkan balai-balai taman nasional yang ada di Indonesia. Namun untuk mencapai ke arah itu TNGR NTB terus melakukan berbagai pembenahan sarana dan prasarana yang ada.

“Kami menginginkan TNGR NTB terbaik nomor satu se Indonesia karena memiliki semuanya,”ujar Kepala Balai TNGR NTB Agus Budi Santoso kepada Lomboktoday.co.id.

Untuk menuju arah tersebut, pihaknya sudah mulai menyusun berbagai program yang nantinya akan bisa dinikmati masyarakat di NTB pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Salah satunya dengan berencana melakukan transfer sistem bagi semua pengunjung atau pendaki yang akan naik ke Rinjani.Terutama mencatat email dan nomor telepon bagi pengunjung sehingga nantinya akan memudahkan aparat TNGR untuk memonitor para pengunjung.

“Ketika naik turun para pendaki akan diketahui di mana posisi dan titik koordinat sehingga pendaki tidak bisa berbohong dan kalau tersesat bisa dicari,” terang Agus.

Selain itu, semua kegiatan yang dilakukan oleh pendaki bisa dilihat langsung di web karena TNGR akan memasukkan kegiatan para pengunjung. Sehingga yang berada di rumah pun bisa melihatnya.
Begitu juga mengenai pemasangan CCTV di kawasan Rinjani merupakan bagian yang terpenting agar semua gerak-gerik pendaki bisa diketahui sehingga tidak ada yang disembunyikan karena ada CCTV di kawasan Rinjani.

“Apa yang kami lakukan tidak lain untuk kemajuan di NTB, apalagi kawasan Rinjani telah menjadi Geopark yang tentunya menjadi potensi yang harus dilestarikan, tanpa mengesampingkan yang lainnya,” tambah Kepala Balai TNGR NTB, Agus Budi Santoso.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply