Ibu-ibu Pecinta Busana Daerah Datangi NTB

Ketua HRB Hj Danarsih Santosa.(foto: dok Humas NTB)

Ketua HRB Hj Danarsih Santosa.(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Mempelajari busana adat di seluruh Indonesia, Himpunan Ratna Busana (HRB) Solo beserta rombongan berkunjung ke NTB.

“Himpunan Ratna Busana adalah kumpulan ibu-ibu pecinta busana daerah, yang ingin melestarikan dan memakai busana daerah. Kami ingin sekali mempelajari dan melihat lebih dekat busana-busana yang ada di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya yang ingin kami kunjungi yaitu NTB ini,” ungkap, Rabu (27/4).

Ketua harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB H Lalu Gita Ariadi mewakili Ketua Dekranasda Hj Erica Zainul Majdi yang berhalangan hadir memaparkan sedikit tentang pulau penghasil mutiara ini.

Visi misi Dekranasda NTB adalah bagaimana memberdayakan perajin, membantu dalam pemasaran sampai mempromosikan hasil kerajinan lokal.

“Tahun lalu kami bekerjasama dengan Dian Pelangi yang merancang dan mempromosikan tenun dan batik khas Sasambo yang dipamerkan di New York Fashion Week. Kita ingin memanfaatkan dan memperkenalkan potensi kita, dengan harapan bahwa NTB bisa menjadi kiblat busana muslimah,” harapnya.

Acara yang berlangsung di Pendopo Gubernur NTB itu, selain menyuguhkan pagelaran busana tenun khas Lombok-Sumbawa, Dekranasda NTB juga memamerkan hasil kerajinan khas NTB seperti Mutiara, kerajinan Ketaq, kerajinan tenun dan batik, gerabah, cukli, dan kerajinan perak. Rombongan tamu yang hadir dapat langsung berinteraksi dan bertanya kepada masing-masing perajin yang didatangkan khusus ke tempat tersebut.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply