Dana Bergulir Alternatif Kuatkan Modal

Direktur Utama LPDB-KUMKM Kemas Danial (kiri) dan Wakil Gubernur NTB H Muh Amin.(foto: dok Humas NTB)

Direktur Utama LPDB-KUMKM Kemas Danial (kiri) dan Wakil Gubernur NTB H Muh Amin.(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Di tengah sulitnya akses pembiayaan terhadap pelaku usaha mikro dan kecil, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) menjadi salah alternatif untuk membantu penguatan permodalan di daerah.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Muhammad Amin ketika memberi pengarahan monitoring dan evaluasi Lembaga Keuangan Bank (LKB) dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB), Kamis (28/4) di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Kemas Danial mengatakan pentingnya pemanfaatan dana bergulir. Di NTB sendiri realisasi penyaluran dana bergulir sampai April 2016 sebesar Rp102,8 miliar untuk 49 mitra.

Ia mengungkap selain Kredit Usaha rakyat, LPDB merupakan salah satu dari dua program kerja yang dibentuk Kementerian Koperasi dan UMKM RI untuk memberi penguatan modal, kepada mitra dan UMKM di daerah.

Saat ini, terdaftar 58 juta pelaku koperasi UMKM yang disebutnya sebagai ujung tombak perekonomian Indonesia. Mereka layak diberi penguatan modal dengan mekanisme yang lebih praktis dan bunga rendah.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply