NTB Jadi Tempat Seminar Mahasiswa Geografi se Indonesia

Wakil Gubernur NTB H Muh Amin saat Seminar Nasional 1st Indonesian Geography Student Summit (IGSS) 2016 di Mataram, Kamis (28/4).(foto: Jun/Humas NTB)

Wakil Gubernur NTB H Muh Amin saat Seminar Nasional 1st Indonesian Geography Student Summit (IGSS) 2016 di Mataram, Kamis (28/4).(foto: Jun/Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Potensi sumber daya pesisir dan laut NTB sangat melimpah. Sebagai salah satu provinsi kepulauan, NTB memiliki luas perairan laut sekitar 29.159,04 km2, dengan panjang pantai 2.333 km2 dan perairan karang sekitar 3.601 km2.

Potensi lestari perikanan sekitar 102.804 ton/tahun, yang terdiri dari perairan pantai sebesar 67.906 ton/tahun, perairan lepas pantai sekitar 61.957 ton/tahun dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) sekitar 298.576 ton/tahun.

“Saya berkeyakinan bahwa bila kita mampu membangun wilayah pesisir dan lautan serta kekayaan alam yang terdapat di dalamnya secara produktif, efisien, inklusif, dan ramah lingkungan maka akan mampu menyejahterakan masyarakat,” ungkap Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Muh Amin saat Seminar Nasional 1st Indonesian Geography Student Summit (IGSS) 2016 di Gedung Sangkareang, komplek Kantor Gubernur NTB,  Mataram, Kamis (28/4). Seminar juga merupakan rangkaian dari Kongres Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia IMAHAGI XIV mengangkat tema “Geomaritim : peran kreatif dan inovatif mahasiswa dalam mewujudkan Indonesia Negara Maritim”.

Keynotespeakernya Priyadi Kardono, Kepala Badan Informasi Geospasial dengan pembicara Hartono, Ketua Umum Ikatan Geografi Indonesia, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB H Lalu Moh Faozal.

Wagub berharap seminar yang dihadiri mahasiswa geografi se Indonesia dari 25 universitas anggota IMAHAGI ini dapat dijadikan wadah intelektual untuk berbagi ide, gagasan serta pengalaman sebagai langkah nyata bersama untukt memajukan daerah dan bangsa. “Semoga ikhtiar kita ini, dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply