Bug Komputer Ganggu UNBK SMP

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) yang dilaksanakan Senin 9 Mei sempat mengalami gangguan. Hal itu karena ditemukan bug yang menyangkut keamanan dan kenyamanan dalam pengerjaan tes. Akibat kejadian ini harus dilakukan perubahan aplikasi oleh panitia pusat.

“Memang sempat ada kendala yang terjadi pada pelaksanaan UNBK tingkat SMP. Akan tetapi gangguan itu secara keseluruhan terjadi di NTB, bukan di Loteng saja,” tandas Kepala Dikdas Dikpora Loteng H Sumum.

Menurut dia, gangguan yang terjadi itu sudah ditangani oleh proktor dan teknisi UNBK SMP dengan menggunakan aplikasi yang baru. Pergantiaan itu dilakukan sebagai bentuk upaya menjaga kerahasiaan pelaksanaan UN.

“Maka aplikasi yang lama itu, diganti dengan aplikasi yang baru,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs secara manual, tidak ada kendala. Semuanya berjalan dengan lancar, baik itu soal maupun yang lainnya.  Total jumlah peserta UN tingkat SMP/MTs termasuk peserta UNBK di Loteng sebanyak 16.131 orang.

Terpisah, Kepala SMPN 1 Praya Loteng Majri yang melaksanakan UNBK mengatakan hal yang sama. “Memang pada saat pelaksanaan UNBK sempat ada kendala yang dihadapi siswa. Akan tetapi persoalan itu cepat diselesaikan sehingga pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik. Gangguan sekitar 10 menit karena adanya perubahan Aplikasi dari pusat,” paparnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply