Ribuan Warga Lombok Timur TKI ke Malaysia

HM Supriyadi, Kabid Bina Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja DSTT Lombok Timur.(foto: Dim/Lomboktoday.co.id)

HM Supriyadi, Kabid Bina Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja DSTT Lombok Timur.(foto: Dim/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Jumlah warga Kabupaten Lombok Timur tahun 2016, yang telah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DSTT) Kabupaten Lombok Timur, untuk berangkat menjadi tenaga kerja ke luar negeri mencapai ribuan orang.

“Tercatat sebanyak  4.561 orang per 7 Mei 2016 ini, jumlah warga Lotim akan berangkat menjadi tenaga kerja ke luar negeri,” ungkap HM Supriyadi, Kabid Bina Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja DSTT Lombok Timur, Senin (9/5).

Menurut Supriyadi, dari jumlah tersebut, 94,77 persen tujuan Malaysia sedangkan yang menuju Brunai Darussalam sebanyak 1,9 persen. Dijelaskannya, Malaysia dijadikan favorit oleh para TKI tersebut karena negara ini dinyatakan paling banyak butuhkan tenaga kerja asal Indonesia, dan pekerja yang dibutuhkan yaitu lulusan SD, ketimbang SMP maupun SMA, sehingga lulusan SD ini mendominasi sebagai tenaga kerja di luar negeri.

“Pihak user Malaysia memilih lulusan SD karena mereka akan mempekerjakan para TKI asal Indonesia ini di ladang,” terangnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply