Prihatin Masih Saja Terjadi Pungli

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat sore salam sejahtera bagi kita semua, Amin Ya Rabbal Alamin. Alhamdulillah, sekarang ini sudah memasuki Bulan Sa’ban, yang tentu saja sebentar lagi akan memasuki Bulan Ramadhan (Bulan Puasa, Red). Semoga kita semua, khususnya ummat muslim di segala penjuru dunia diberikan umur yang panjang, sehingga bisa sama-sama melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, Amin YRA.

Hari ini, Jumat, 13 Mei 2016, saya membaca berita di media online Lomboktoday.co.id terkait keluhan warga Desa Terara, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur atas terjadinya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dalam pembagian Kartu Sakti program Presisen Jokowi, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Praktek-praktek pungli seperti ini memang bukan rahasia umum lagi, dan itu nampaknya sudah membudaya bahkan melekat di jiwa raga mereka, khususnya para oknum yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Nah, mestinya praktek pungli ini jangan sampai dilakukan, apalagi itu sampai menimpa masyarakat kita yang notabene masih awam, dan rata-rata mereka hidup dalam kondisi ekonomi yang pas-pasan.

Membaca berita ini, tentu saya secara pribadi merasa sangat prihatin, dan saya berharap kepada pihak dinas/instansi terkait segera mengcross chek ke bawah, agar praktek-praktek pungli ini tidak terulang lagi. Karena kasian masyarakat kita yang selalu menjadi sasaran. Memang nilai yang dipungut itu cuma Rp 10.000 per orang, tapi kalau dikalikan dengan banyak orang, pasti jumlahnya akan banyak.

Kita tidak ingin hal-hal seperti ini dijadikan sebagai ‘proyek’ pungli mereka untuk meraup keuntungan pribadi semata.

Demikian surat pembaca yang saya buat, agar dapat dijadikan sebagai perhatian bersama. Dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada media online Lomboktoday.co.id atas pemuatan surat pembaca saya ini. Semoga Lomboktoday.co.id yang merupakan Situs Berita Termuka di Nusa Tenggara, tetap jaya dan semakin sukses selalu. Amin YRA.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

ttd

Khairul Anam (warga Lotim)

 

 

 

Kirim Komentar

Leave a Reply