Banyak Tambang Galian C Tak Berizin

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Sejumlah tambang Galian C yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) banyak yang tidak memiliki izin. Seperti tambang Galian C yang ada di Desa Menemeng, Kecamatan Pringgarata, Loteng. Sebelumnya, warga setempat menutup paksa tambang tersebut karena merusak lingkungan dan tidak memiliki izin.

Kepala BPMP2T Kabupaten Loteng Winarto mengakui bahwa tambang Galian C yang ada di Desa Menemeng tidak ada izinnya. Begitu juga dengan sejumlah tambang Galian C yang ada di Loteng ini sudah tidak memiliki izin dan semuanya sudah ditutup karena izinnya sudah berakhir.

“Dari data yang ada, hanya ada 2 lokasi tambang Galian C yang izinnya masih berlaku sampai tahun 2017, seperti tambang Galian C di Desa Lantan dan Desa Waje Geseng,” jelas Winarto.

Dia mengatakan bahwa meskipun ada warga yang akan mengurus izin tambang Galian C, pihaknya sudah tidak lagi diberi kewenangan. Sesuai dengan Udang-Undang 23 Tahun 2014 terkait dengan semua izin baik itu izin  perpanjangan dan izin tambang lainnya sudah ditarik ke pemerintah provinsi.

“Tidak ada kewenangan kabupaten untuk mengeluarkan izin terkait pertambangan karena saat ini semua izin masalah tambang langsung ditangani pemerintah provinsi,” jelasnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply