Pacu Ekonomi Keluarga Lewat Olahan Hasil Ikan

Kadis Perikanan dan Kelautan Lombok Barat HA Subandi.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

Kadis Perikanan dan Kelautan Lombok Barat HA Subandi.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – UMKM Sasak Maiq sudah terlihat kemajuannya sejak dua tahun terakhir ini. Banyak prestasi yang telah didapatkan baik untuk tingkat kabupaten maupun provinsi. Bahkan pada tahun ini Sasak Maiq mewakili Kabupaten Lombok Barat dalam Lomba Pelaku Utama Perikanan tingkat Provinsi NTB.

”Lomba ini rutin digelar setiap tahun, tapi khusus untuk Lobar baru tahun ini mengirimkan wakil di lomba ini,” kata Kadis Perikanan dan Kelautan Lobar HA Subandi.

Ia menjelaskan pemilihan Sasak Maiq telah melalui berbagai penilaian tingkat kabupaten. Penilaian itu dianggap layak mengajak Sasak Maiq untuk lomba di tingkat provinsi.

”Sasak Maiq ini juara satu di Kabupaten Lombok Barat dalam hasil olahan perikanan,” jelasnya.

Dikatakannya, lomba ini sangat baik sekali apalagi untuk bisa meningkatkan kualitas produksi hasil olahan perikanan. Sehingga UMKM juga akan saling bersaing untuk menampilkan yang terbaik. ”Ini perlu juga untuk mendorong UMKM dapat dikenal,” ujarnya.

Sementara itu Penyuluh Perikanan Madya Bakorluh NTB Salim Pujianto mengatakan  lomba ini dapat memacu produksi dan pemasarannya UMKM. Pengembangan ini juga diharapkan dapat membantu warga sekitarnya. Bakorluh sejauh ini melakukan pendampingan teknis dan analisa ekonomi terhadap UMKM yang ada.

”Kami berharap UMKM yang telah mendapatkan pendampingan Bakorluh usahanya bisa berkembang lebih besar lagi,” ujarnya.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply