STQ Perkuat Minat Baca Alquran

Pawai taaruf para kafilah STQ tse Lombok Barat.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

Pawai taaruf para kafilah STQ se Lombok Barat.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Seleksi Tilawatil Quran Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dimulai Sabtu malam (14/5) di Lapangan Umum Kediri dan dibuka Bupati Lobar H Fauzan Khalid. Sebelumnya Asisten I Setdakab Lobar Hj Bq Eva Nurcahyaningsih melepas pawai taaruf dengan rute dari perempatan Desa Rumak hingga ke arena utama Lapangan Umum Kediri.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Lobar HM Taufiq menyebutkan,  STQ  sebagai wahana untuk memupuk keimanan dan menyalurkan bakat dan minat baca di bidang tafsir Alquran.

“Ini sebagai media sosialisasi syiar Islam terlebih dalam tahun 2016 ini NTB yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat nasional. Kabupaten Lobar menjadi tuan rumah di dua lokasi, yakni di Bencingah Kantor Bupati Lobar untuk cabang Hizil Quran  golongan 1 Juz Tilawah, 5 Juz Tlawah dan Ponpes Al-Aziziyah utk 10 dan 20 Juz tilawah.” papar Taufiq yang juga Sekda Lobar ini.

STQ ini akan berlangsung dari tangal 14 hingga 17 Mei 2016. Pesertanya berasal dari 10 kecamatan se Lobar. Masing-masing kafilah kecamatan terdiri dari 23 orang. Penginapan bagi kafilah di semua rumah penduduk yang terdekat dengan arena. Adapun mata lomba terdiri dari 3 cabang dan 16 golongan.

Bupati Lobar H Fauzan Khalid menyatakan, dalam pelaksanaan pembangunan harus selalu memperhatikan tiga aspek. Aspek fisik, aspek etika (ahlak), dan  aspek estetika (keindahan).

Menurut dia, Pemkab Lobar terus membangun infrastruktur seperti jalan, gedung, kantor, dan lainnya. Meski demikian, pembangunan fisik tidaklah cukup. Pembangunan sumber untuk membentuk karakter masyarakat. Dalam konteks STQ memiliki  tujuan untuk membentuk masyarakat yang memiki akhlak mulia.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply