Kediri Kota Santri, Sampah Dibuang Sembarangan

Kepala DTKPPK Lombok Barat H Lalu Winengan berdiri di samping tumpukan sampah di Kecamatan Kediri.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

Kepala DTKPPK Lombok Barat H Lalu Winengan berdiri di samping tumpukan sampah di Kecamatan Kediri.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Tumpukan sampah yang berada di pertigaan Kecamatan Kediri samping pagar tembok sebelah timur Puskesmas Kediri, langsung diangkut oleh Dinas Tata Kota, Pertamanan dan Kebersihan (DTKPPK) Kabupaten Lombok Barat setelah menerima laporan dari warga. Tidak hanya sampai di situ, tempat tersebut langsung ditimbun dengan tanah.

Kepala DTKPPK Lombok Barat H Lalu Winengan langsung turun melihat tumpukan sampah di areal tersebut.

“Kesadaran dari masyarakat yang masih kurang untuk membuang sampah pada area dan tempat yang sudah disediakan. Padahal, bak sampah dan tempat kontainer sudah kita sediakan di Kediri, jarak dari tempat ini dengan bak sampah cuma 100 meter,” ungkapnya, Selasa (17/5).

Menurut mantan Kepala Ketahanan Pangan (KKP) Lombok Barat ini, lokasi pembuangan sampah tersebut oleh pihak Pertamanan dan Tata Kota  langsung ditanami bunga dan dipagar menjadi taman mini. Tidak hanya sampai di situ DTKPPK Lobar membuatkan spanduk yang bertuliskan “Ya Allah Cabutlah Nyawa Orang Yang Membuang Sampah Di Tempat Ini.”

Winengan menjelaskan agar siapa yang membaca spanduk tersebut marah sehingga mereka berhenti membuang sampah di sini, dan diharapkan masyarakat untuk peduli akan kebersihan karena Kediri ini kota santri.

Dia sangat berterima kasih atas kritikan untuk DTKPPK Lobar. “Jangan sampai di mana-mana terdapat spanduk bertuliskan kebersihan sebagian dari iman, akan tetapi di sana sampah dibuang, dan hal ini terjadi,” akunya.

Ia berharap, agar semua pihak punya tanggung jawab, sudah diingatkan kalau bak sampah sudah disediakan dan taruhlah di kontainer. Akan tetapi karena masyarakat tidak sadar sehingga menaruh sampah di sembarang tempat.

“Di mana ada tempat lahan kosong di sana dibuang sampahnya. Kalau dia sadar dan berpikir cerdas, ia akan membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan,” tegasnya.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply