Polres Lombok Barat Gelar Operasi Patuh Gatarin 2016

Operasi Gatarin di Lombok Barat.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

Operasi Gatarin di Lombok Barat.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Satuan Lantas Polres Lombok Barat menggelar Operasi Patuh Gatarin 2016 sejak Senin (16/5). Operasi dimaksudkan untuk menurunkan angka kecelakaan. Dalam operasi ini Satlantas melibatkan sekitar 60 personel dari semua satuan kerja (satker) dan operasi ini terpusat di seluruh Indonesia selama 14 hari mulai tanggal 16-29 Mei 2016.

Operasi Patuh Gatarin 2016 pertama digelar di depan  Polres Lombok Barat. Semua kendaraan diberhentikan baik roda empat maupun roda dua. Yang menjadi perhatian utama adalah yang tidak menggunakan helm dan mobil pick up yang mengangkut manusia.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat Ipda Gusriadi Abustan ditemui di Gerung, Selasa (17/5) menjelaskan, operasi ini digelar agar masyarakat patuh dalam berkendara, yang diutamakan penegakan hukum 80 persen. Tidak ada target dalam operasi ini, namun juga dilakukan menjelang masuknya bulan puasa.

Sebelum Operasi Patuh Gatarin 2016 ini digelar, Satuan Lantas Lobar sudah melakukan sosialisasi melalui Babinkantibmas, memasang spanduk di jalur rawan macet, sosialisasi ke sekolah dan ke pasar.

Ditambahkannya, sejauh ini sebelum operasi digelar masyarakat Lombok Barat sudah sadar berlalu lintas. Contoh kecil saja, dari sepuluh kendaraan yang diberhentikan baru ada satu pelanggar yang ditilang. Selama operasi juga rutin yang digelar setiap hari, satu jam baru ada pelanggar yang ditilang.

Hasil Operasi Patuh Gatarin 2016 pada hari pertama Satlantas Polres Lombok Barat menilang 32 STNK, 5 SIM, mengamankan tiga unit roda empat dan empat unit roda dua.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply