Catatan Perjalanan Gubernur NTB di China (Bagian 3)

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Ningxia, Wang He Shan . Keduanya menyepakati kerjasama pembangunan antarprovinsi, NTB-Ningxia.(foto: dok Humas NTB)

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Ningxia, Wang He Shan . Keduanya menyepakati kerjasama pembangunan antarprovinsi, NTB-Ningxia.(foto: dok Humas NTB)

GUBERNUR Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi bertemu Wakil Gubernur Ningxia, Wang He Shan yang mewakili gubernurnya karena sedang berada di Beijing. Keduanya menyepakati kerjasama pembangunan antarprovinsi, NTB-Ningxia di Kota Yinchuan, ibukota Provinsi Ningxia, Rabu (18/5).

Kesepakatan itu tertuang dalam pernyataan kehendak  antara  Gubernur NTB dengan Gubernur Ningxia, di sela kunjungan kerja Gubernur NTB ke Cina 15-18 Mei 2016.

“Hal ini dapat dimaknai sebagai langkah penting untuk saling menyerap hal-hal baik dan saling belajar tentang pengalaman-pengalaman cerdas dari  kedua daerah agar dapat berkembang lebih maju,” kata Gubernur NTB.

Ia mengatakan, NTB dan Ningxia memiliki potensi yang sama dengan Ningxia, baik potensi pertanian, pariwisata. dan potensi pertambangan.

Provinsi Ningxia dengan luas wilayah 60 ribu km2 memiliki sejarah panjang, di mana 10.000 tahun yang lalu telah ditemukan situs sejarah, 3.000 tahun yang lalu telah berpenduduk dan 1.000 tahun yang lalu sudah memiliki kekaisaran. Saat ini terdapat 5.000 masjid dan 36 persen dari 6,6 juta atau 2,4 juta penduduk Ningxia beragama Islam.

Gubernur Ningxia sendiri adalah penganut Islam dan satu-satunya wanita kepala pemerintahan provinsi di China. Di tengah keberagaman sukunya, pemerintah Ningxia berhasil membangun toleransi antarsuku-suku  maupun antarumat beragama.

“Perbedaan suku dan agama sangat dihargai di sini dan kita kagum bahwa di sepanjang jalan yang kita lalui tadi dapat ditemukan simbol-simbol Islam dan restoran makanan halal,” ungkap Gubernur NTB.

Dengan pertumbuhan ekonomi 8 persen di tahun 2015 dan 6 persen pada  triwulan pertama tahun 2016, Ningxia patut dijadikan contoh lokasi yang dapat ditimba ilmunya dalam pembangunan ekonomi. Di daerah ini tidak tampak perbedaan yang jauh antara kemajuan kota dengan desa dan bahkan tiga tahun terakhir pertumbuhan ekonomi desa lebih tinggi dari kota.

Menjawab pertanyaan Gubernur NTB tentang rahasia kesuksesan Ningxia, Wakil Gubernur Ningxia mengungkap empat hal, yaitu fokus mengembangkan satu produk unggulan pada tiap desa, mengutus tenaga ahli untuk bekerja membangun desa dan mewujudkan sinergi antara perusahaan swasta dengan desa sesuai potensi masing-masing serta pembangunan infrastruktur, yang berfokus utama pada pembangunan jaringan irigasi agar pertanian dapat berkembang pesat.

Wakil Gubernur Ningxia menjelaskan, setiap tahunnya di Kota Yinchuan digelar Expo Asia-Arab, pada kesempatan itu secara langsung mengundang delegasi Provinsi NTB untuk berpartisipasi pada bulan September tahun 2017.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply