Ayo Kita Bangkitkan Semangat Nasionalisme

Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB.(foto: Jupri/Humas NTB)

Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB.(foto: Jupri/Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Kebangkitan Nasional merupakan peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Dimulai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 hingga akhirnya Indonesia dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Salah satu inspirasi yang bisa kita serap dari berdirinya Boedi Oetomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan Nasional dimulai,” ucap Wakil Gubernur NTB H Muh Amin saat membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada upacara bendera dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional ke-108, Jumat (20/5).

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB sejak pukul 08.00 pagi berjalan penuh hikmat dihadiri oleh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi NTB, Satuan Kepala Daerah Provinsi NTB, perwakilan Aparatur Sipil Negara lingkup Provinsi NTB, perwakilan organisasi wanita, pemuda, dan pelajar.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2016 ini, mengangkat tema  “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter.” Tema ini diharapkan dengan mencerminkan semangat trisakti yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

“Jika kita konsisten, saya yakin jalan kemandirian ini lnsya Allah akan membawa bangsa ini mengalami kebangkitan yang selanjutnya, yaitu menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional,” harap Wagub saat menjadi Inspektur Upacara.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply