Jelang Puasa Arus Penyeberangan di Lembar Masih Normal

Pelabuhan Lembar.(foto: istimewa)

Pelabuhan Lembar.(foto: istimewa)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Arus penyeberangan dari Lombok ke Bali atau sebaliknya tampak masih normal terpantau di Pelabuhan Lembar meski akan memasuki bulan puasa. Terlihat beberapa kapal melakukan bongkar muat dan antrean kendaraan yang masih normal.

Humas Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Lembar Dheny N Putra menerangkan, untuk saat ini aktivitas pelabuhan masih normal tanpa ada peningkatan atau terjadi antrean dari kendaraan. Dijelaskan, dengan tiga dermaga yang dioperasikan saat ini ASDP menyiapkan 33 kapal penumpang membuat kelancaran arus penyeberangan tanpa ada keluhan dari penumpang dan setiap hari terhitung 12 kapal yang melakukan aktivitas di Pelabuhan Lembar.

Ia memastikan, menjelang bulan puasa diperkirakan tidak terjadi lonjakan arus mudik baik ke Pulau Lombok ataupun sebaliknya dan pihak ASDP dari segi fasilitas sudah siap antisipasi lonjakan tersebut.

Ia mengharapkan, pada saat mudik lebaran nanti tidak terjadi kemacetan, diprediksi lonjakan akan mencapai 10 persen, melihat dari tahun sebelumnya.

Dijelaskan, untuk bulan ini terjadi lonjakan terhadap pejalan kaki yang melakukan liburan panjang ke Lombok atau ke Bali tetapi tidak mempengaruhi arus karena setiap hari dioperasikan dengan 12 trip.

Untuk saat ini, penyeberangan Lembar Padangbai diharuskan 4 jam tidak boleh lebih. Dijelaskan sudah diatur regulasinya, apabila melebihi dari waktu yang ditetapkan, dari kapal tersebut diberikan estimasi dengan berlayar tanpa ada penumpang. Hal tersebut sudah diatur oleh Otoritas Pengaturan Penyeberangan (OPP).  Setiap kapal rata-rata menampung penumpang 400 sampai 800 orang.

Pihak ASDP menjelang mudik lebaran sudah menyiapkan kantong-kantong parkir jika terjadi lonjakan dan waktu sandar kapal akan dikurangi dari 60 menit menjadi 40 menit.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply