Kini Ada Jalur Pendakian Rinjani yang Baru

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.(foto: istimewa)

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.(foto: istimewa)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Selain jalur pendakian dari Senaru di Kabupaten Lombok Utara dan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, untuk mendaki Rinjani juga bisa dilakukan melalui Batukliang Utara di Kabupaten Lombok Tengah.

Jumat (20/5), Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah bersama Badan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) meresmikan jalur pendakian Rinjani di Kecamatan Batukliang Utara.

Peresmian dilakukan saat apel pembukaan Kemah Sambang Desa di Lantang yang dihadiri Sekda Loteng H Lalu Supardan, Bupati H Moh Suhaili FT, Wakil Bupati Lalu Pathul Bahri, Kapolres Loteng AKBP Nurodin, Dandim 1620 Praya Letkol Inf Arie Tri Hedhianto, dan Kepala TNGR Agus Budi.

Menurut Bupati Suhaili, jalur pendakian dari Batukliang Utara merupakan jalur pendakian yang indah, datar, dan paling dekat bila dibandingkan dengan dua jalur pendakian Sembalun ataupun Senaru.

“Di jalur pendakian Gunung Rinjani dari Lombok Tengah ini, kita bisa melihat pemandangan yang begitu indah yakni 6 air terjun, dan ada air terjun di atas awan. Kita harapkan semoga jalur pendakian Rinjani dari Lombok Tengah ini bisa menjadi pendakian gunung terbaik di Indonesia,” paparnya.

Pihaknya akan menyiapkan berbagai fasilitas guna mendukung jalur pendakian ini nantinya akan dilengkapi dengan CCTV dan sarana pendukung lainnya seperti tangga yang menuju Danau Segara Anak.

“Intinya kita akan jamin keselamatan para pendaki yang melalui jalur Lombok Tengah,” ujarnya.

Kepala TNGR Agus Budi menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu TNGR kedatangan tamu dari asesor Unesco guna melakukan penilaian terhadap Taman Bumi (Geopark) Gunung Rinjani.

“Insya Allah pada akhir tahun 2016, TNGR sudah bisa menyadang Global Geopark Rinjani,” lanjutnya.

Dijelaskannya, jalur pendakian Gunung Rinjani Lombok Tengah pintu masuknya di Desa Aik Berik, Desa Lantan, dan pintu keluarnya di Danau Segara Anak di pintu Pelawangan Batu Belah.

“Jalur Ini kita buka karena jalur ini paling pendek. Paling indah karena melewati 6 air terjun, dan melewati hutan yang belum terjamah,” ucapnya.

Dirinya berharap semua masyarakat bisa mendukung pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani di Lombok Tengah, baik itu dari segi keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply