Jelang Mutasi, Pejabat Lombok Barat Kasak-kusuk

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Sejumlah pejabat di Lombok Barat sudah mulai kasak-kusuk. Hal ini disebabkan isu mutasi di tahun 2016 ini makin berhembus kencang. Bahkan informasi yang layak dipercaya, mutasi akan segera dilakukan akhir Mei atau setidaknya awal Juni mendatang untuk tahap pertama. Selanjutnya disusul tahap berikutnya bulan November 2016. Namun semua kepastian mutasi itu masih menunggu waktu yang tepat bagi bupati.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Barat H Moch Taufiq menjelaskan, untuk mutasi pertama di tahun 2016 ini seluruhnya ditentukan bupati.

“Karena itu kita akan segera rapat Baperjakat dulu untuk yang ketiga kali dan hasilnya akan disampaikan ke pembina kepegawaian (bupati, red),” terangnya.

Taufiq mengingatkan agar para ASN jangan galau dan malas bekerja, apabila ada isu mutasi. Bekerja dan menjalankan tugas masing-masing sesuai tupoksi. Jabatan bukan warisan dari siapa-siapa. Yang dilihat sekarang kualitas kerja karena mutasi itu hal biasa.

Taufiq juga menyinggung tentang pejabat yang baru menduduki jabatan enam bulan justru mendapat promosi. Pihaknya akan segera menertibkannya.

Menurut dia, mutasi merupakan tuntutan kepentingan dari organisasi, tetapi tetap mengacu pada aturan yang berlaku. Sebelum promosi jabatan, para pejabat harus lima tahun berada di jabatan lama.

Taufiq mendata, jika terdapat sembilan pejabat di Lombok Barat yang sering terkena promosi, namun mengindahkan aturan. Pejabat tersebut mendapat promosi belum lima tahun menjabat di jabatan sebelumnya.

“Jika sudah lima tahun menjabat baru bisa dimutasi sehingga mereka tidak bisa naik pangkat. Karena tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku,” jelas Sekda.

Solusinya, lanjut Sekda, sembilan pejabat Lombok Barat tersebut akan diturunkan dulu eselonnya.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply