Lombok Tengah Modernisasi Pengadaan Barang dan Jasa

 Penyerahan MoU antara LKPP dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.(foto: dok Humas Lombok Tengah)

Penyerahan MoU antara LKPP dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.(foto: dok Humas Lombok Tengah)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Menindaklanjuti penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, rombongan tim dari LKPP dan MCA-Indonesia dipimpin langsung oleh Miftah Irfaniah, Kasi Evaluasi Pelatihan pada Direktorat Pengembangan SDM LKPP melakukan kunjungan ke ULP Kabupaten Lombok Tengah, Senin (23/5).

Kunjungan ini untuk penyerahan MOU yang sudah ditandatangani tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sekaligus sosialisasi di hadapan sejumlah pejabat SKPD terkait.

Mereka diterima Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri bersama Staf Ahli Bupati dan Kepala Bagian AP dan ULP Setda Kabupaten Lombok Tengah.

Pathul Bahri mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sangat mendukung program modernisasi pengadaan. Dia juga berterima kasih kepada LKPP dan Tim MCA-Indonesia karena telah memilih ULP Kabupaten Lombok Tengah sebagai salah satu ULP dari 44 ULP seluruh Indonesia sebagai ULP Percontohan Nasional.

Sedangkan Miftah Irfaniah menjelaskan bahwa program modernisasi pengadaan ini adalah untuk merealisasikan penghematan dan efisiensi belanja pengadaan barang dan jasa, namun tetap mengupayakan agar kualitas tetap terjaga dan pengadaan dapat mendukung pelaksanaan perencanaan pelayanan publik. Penghematan inilah yang diharapkan akan berakibat pada lebih cepatnya anggaran belanja, khususnya belanja modal pengadaan untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Miftah Irfaniah melanjutkan bahwa implementasi ditetapkannya ULP Kabupaten Lombok Tengah sebagai percontohan adalah selama dua tahun ke depan ULP akan mendapatkan pendampingan menuju kematangan ULP dari bidang kelembagaan, teknis pengadaan, penanganan permasalahan hukum dan non teknis pengadaan.

Pengadaan barang/jasa merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap unit kerja pemerintahan, baik di pusat, daerah, SKPD bahkan sampai ke desa-desa. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan bahkan sampai ke informasi aset.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply