Nanti Tukar Raskin Pakai Voucher

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Penyaluran  beras untuk warga miskin (Raskin) yang diberikan kepada masyarakat setiap bulannya,selama ini dinilai salah sasaran. Pasalnya, Raskin yang akan diberikan kepada warga yang benar-benar miskin, kebanyakan penyaluran Raskin itu malah dibagi rata kepada masyarakat.

Untuk itu, pada tahun 2017 nanti penyaluran Raskin kepada masyarakat diwacanakan oleh pemerintah akan menggunakan voucher agar tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Lombok Tengah Moh Nazili, Selasa (24/5). “Ini sesuai dengan hasil rapat yang dilakukan di Kementerian Sosial RI di Jakarta,” ungkapnya.

Menurut dia, penyaluran Raskin yang salah sasaran bukan hanya terjadi di Kabupaten Lombok Tengah saja, Tetapi hampir di semua wilayah. Karena itu, jika penyaluran program Raskin itu menggunakan voucher belanja, hanya warga miskin saja yang mendapatkannya.

Voucher itu mereka bisa saja menukarnya dengan beras atau telur. Dan nilai voucher yang diberikan itu sesuai dengan subsidi Raskin yang diberikan oleh pemerintah. “Hanya saja, masih dibahas tempat penukaran voucher itu di mana,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, pihaknya saat ini sedang melakukan validasi data di tingkat desa terkait dengan jumlah warga miskin. Sehingga semua masyarakat miskin di Kabupaten Lombok Tengah masuk dalam data itu, dan mereka bisa mendapatkan Raskin. “Jumlah warga miskin kita saat ini sebanyak 94.700 KK,” ungkapnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply