Ada Bantuan untuk UMKM

Wakil Gubernur NTB H Muh Amin saat acara Seminar Penguatan Ekonomi Mikro di Sektor Pariwisata di Hotel Santika Mataram, Kamis (26/5).(foto Jupri/Humas NTB)

Wakil Gubernur NTB H Muh Amin saat acara Seminar Penguatan Ekonomi Mikro di Sektor Pariwisata di Hotel Santika Mataram, Kamis (26/5).(foto Jupri/Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Di NTB tahun 2015 terdapat 88.097 unit usaha kecil menengah yang menyerap tenaga kerja sebanyak 262.841 orang dan angka tersebut terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan tahun 2016? Menurut Wakil Gubernur NTB H Muh Amin, beberapa program yang disiapkan Pemerintah Provinsi NTB untuk membantu masyarakat berwirausaha. Di antaranya, adanya diklat bagi pengurus atau pengelola UMKM, Bimtek usaha/produk unggulan daerah bagi koperasi/UMKM di 10 kabupaten/kota dengan sasaran 840 UMKM. Selain itu, pengadaan 310 gerobak usaha bagi UMKM di 10 kabupaten/kota. Pembangunan lapak usaha kreatif lapangan bagi para pedagang kaki lima di Lombok Tengah, Lombok Timur, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Bima.

Saat membuka acara Seminar Penguatan Ekonomi Mikro di Sektor Pariwisata di Hotel Santika Mataram, Kamis (26/5), Wagub juga mengaku akan memfasilitasi peralatan usaha bagi UMKM. Dukungan penerbitan sertifikat izin usaha kecil dan mikro dengan target 3000 sertifikat pada tahun 2016 dan pada tahun 2015 tercapai 10.000 sertifikat. Dan yang sangat penting adalah sertifikasi label halal dan hakki dengan target 150 sertifikat.

Seminar ini diselenggarakan oleh Forum Wartawan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat Tahun 2016 dan bekerjasama dengan PT Bank Mandiri, PT Bank NTB dan Pemerintah Nusa Tenggara Barat dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi, Perwakilan PT Bank Mandiri, Perwakilan Otoritas jasa Keuangan (OJK) NTB, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB.

Diskusi ini bertujuan agar dapat membawa kemanfaatan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di NTB. Sebab, pariwisata dan pertanian merupakan focus pembangunan NTB saat ini.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply