Generasi Berkarakter Bermula dari Keluarga

Lomba Nyanyi DWP Dikbudpora Lobar.(foto: istimewa)

Lomba Nyanyi DWP Dikbudpora Lobar.(foto: istimewa)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Gaung Hari Pendidikan Nasional tetap menjadi semangat yang tak akan pernah padam tergilas waktu dan kesibukan.

Euforia Hardiknas bukan semata berjibaku pada perayaan seremonial belaka. Namun rohnya juga bisa terpancar dari semangat pelestarian tradisi atau budaya. Sejalan dengan itulah Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit Dikbud Lobar menggelar lomba nyanyi solo dan fashion show kebaya. Kegiatan dibuka langsung Ketua TP PKK Lobar Hj Khaeratun Fauzan Khalid dan dihadiri langsung Kepala Dikbudpora Lobar H Ilham.

“Saya mengapresiasi lomba ini. Mengenakan kebaya itu memang tidak bisa sembarangan, harus lihat lokasi dan situasinya, nah di lomba inilah mungkin kita bisa belajar,” ujar Khaeratun memberi penilaian saat lomba belum lama.

Dalam perfektif pemikirannya, Khaeratun menjelaskan jika DWP berperan penting mendukung sistem pendidikan di Lobar. Para istri dan ibu bisa membentuk generasi berkarakter dimulai dari lingkungan keluarga. Pemkab pun saat ini tengah gencar mendorong pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah-sekolah.

“Di era digitalisasi saat ini, pendidikan karakter itu penting. Kita tidak bisa menyamakan kondisi saat kita dulu dengan masa anak-anak sekarang,” katanya.

Di samping itu, para orangtua juga perlu menanamkan ahlaqul karimah atau budi pekerti kepada anak sejak dini. Termasuk juga bisa memberikan contoh ataupun tauladan yang baik. “Inti dari semua itu fondasinya ada pada ilmu agama agar anak-anak bisa terbentengi dari hal yang tidak baik,“ ungkapnya.

Tujuan lomba ini, menurut Ketua DWP unit Dikbudpora Lobar Hj Erni Ilham untuk mempererat tali silaturahmi antaranggota. Panitia juga berharap bisa mengangkat nilai-nilai budaya dan pendidikan di tengah gempuran arus globalisasi sekarang.

“Penggunaan internet secara bebas kini tidak bisa kita hindarkan. Tanggung jawab kita bersama melindungi anak-anak dari efek negatif internet dengan menanamkan nilai pendidikan di keluarga,“ kata Erni.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply