Dua Anggota Polres Lombok Timur Dipecat

Kapolres Lombok Timur AKBP Karsiman.(foto: SR/Lomboktoday.co.id)
Kapolres Lombok Timur AKBP Karsiman.(foto: SR/Lomboktoday.co.id)
Kapolres Lombok Timur AKBP Karsiman.(foto: SR/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Setelah sebelumnya Polres Lombok Timur melakukan pemecatan terhadap dua anggotanya yang berkasus, kali ini dua anggota Polres Lotim kembali diberhentikan Tidak Dengan Hormat (PTDH). Mereka adalah Briptu M Yamin dan Briptu Samsul Kifli. Tindakan ini dilakukan setelah adanya surat keputusan resmi dari Kapolda NTB.

Kegiatan upacara PTDH tersebut dipimpin langsung Kapolres Lotim, AKBP Karsiman Sik di Mapolres Lombok Timur, Selasa (31/5). Upacara disaksikan oleh para pejabat utama Polres Lombok Timur, para Kapolsek, perwira, bintara serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Polres setempat.

Namun dalam kegiatan upacara PTDH tersebut, tanpa dihadiri oleh Briptu M Yamin dan Briptu Samsul Kifli, sehingga diwakilkan oleh anggota Provos Polres Lombok Timur untuk menerima SK pemecatan.

Kapolres Lombok Timur AKBP Karsiman kepada wartawan menegaskan bahwa pemecatan dua anggota Polres Lombok Timur ini sudah sesuai dengan aturan yang ada karena sudah mendapatkan SK pemecatan dari Kapolda NTB.

Menurut Kapolres, yang bersangkutan sudah melanggar kode etik Polri sehingga tidak bisa dipertahankan lagi.

“Pemecatan anggota Polres Lotim ini merupakan yang sekian kalinya karena yang bersangkutan terlibat kasus hukum sehingga diproses sampai pada akhirnya dilakukan pemecatan,” terang Karsiman.

Kapolres menegaskan dalam penegakan hukum tidak pilih kasih atau pandang bulu. Artinya, siapapun yang melanggar akan ditindak tegas, terlebih lagi anggota polisi harusnya menjadi contoh dan pelayan dalam penegakan hukum.

“Ini harus dijadikan pembelajaran bagi anggota yang lainnya agar tidak melakukan tindakan hukum yang akan merugikan anggota itu sendiri,” tandasnya.

Sebaliknya, lanjut Kapolres, jika ada anggota yang berprestasi akan diberikan penghargaan.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *