Punya Organisasi Drum Band, Bersiap untuk PON

Wakil Ketua Umum PDBI Pusat Gatut Sutanta menyerahkan bendera kepada Ketua Umum PDBI NTB H Iswandi Ibrahim saat pelantikan PDBI NTB di Gedung Pentas Budaya, Taman Budaya NTB, Selasa (31/5).(foto: dok Humas NTB)

Wakil Ketua Umum PDBI Pusat Gatut Sutanta menyerahkan bendera kepada Ketua Umum PDBI NTB H Iswandi Ibrahim saat pelantikan PDBI NTB di Gedung Pentas Budaya, Taman Budaya NTB, Selasa (31/5).(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – NTB merupakan provinsi ke-26 yang telah memiliki Pengurus Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI). Ini merupakan sejarah bagi NTB karena selama ini belum ada organisasi resmi yang membina dan membentuk karakter pemuda melalui drum band. Dan, Selasa (31/5), pengurus untuk wilayah NTB resmi dilantik yang dilakukan oleh Dewan Pengurus PDBI Pusat melalui Wakil Ketua Umum Gatut Sutanta di Gedung Pentas Budaya, Taman Budaya NTB.

Di antara jajaran pengurus yang dilantik saat itu adalah H Iswandi Ibrahim sebagai Ketua Umum, Ahmad Nuraulia, Sabaruddin, dan Muhariyadi Kurniawan sebagai wakil ketua. Sementara, sekretaris dan bendahara masing-masing dijabat Muhammad Ishak dan Dina Silatuhmi.

Hadir dalam pelantikan, Kepala Dinas Dikpora NTB Rosiady Sayuti yang mewakili Gubernur Nusa Tenggara Barat, Ketua KONI NTB Andy Hadianto dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Gatut Sutanta menyampaikan bahwa saat ini drum band telah dipertandingkan di PON dengan memperebutkan 10 medali emas. Tentu hal tersebut membuka kesempatan bagi daerah-daerah untuk menunjukkan prestasi melalui drum band. “Bila sepakbola hanya memperebutkan 1 medali emas maka drum band memperebutkan 10 medali,” ungkapnya di hadapan ratusan pemain drum band yang ikut dalam acara tersebut.

Selain itu, Gatut Sutanta menyampaikan bahwa kompetisi drum selama ini cenderung dilaksanakan di dalam ruangan, padahal menurut dia, permainan drum dapat dilaksanakan di tempat-tempat yang bernuansa pariwisata, seperti pantai. Selain mempromosikan daerah wisata, juga menjadi ajang untuk membentuk karakter generasi muda terkait potensi daerah.

“Semoga di NTB ini ada agenda tahunan untuk kegiatan drum band. Tentu sangat menarik bila tahun 2017 bisa kita laksanakan di Pantai Senggigi,” harapnya yang disambut tepuk tangan hadirin undangan.

Menjawab tantangan Pengurus Besar PDBI yang hendak melaksanakan kompetisi drum di pantai, Ketua Umum KONI NTB Andy Hadianto mendukung dan memastikan kegiatan tersebut dapat dilaksankan di NTB tahun 2017 mendatang.

“Saya pastikan untuk tahun 2017 kompetisi nasional drum band dilaksanakan di NTB,” ucapnya penuh semangat

Andy menjelaskan olahraga drum band merupakan cabang olahraga yang akan membentuk karakter anak muda. “Saya melihat drum band ini tiga hal. Yang pertama, membentuk karakter disiplin. Yang kedua, fisik dan yang ketiga sangat dinamis. Untuk karakter-karakter pemuda NTB yang hebat,” jelasnya.

Kepala Dinas Dikpora NTB Rosiady Sayuti menjelaskan, bahwa Drumband terus berkembang di NTB, terutama di sekolah-sekolah di semua tingkatan baik sekolah negeri, swasta bahkan hingga di pondok-pondok pesantren. Banyak hal positif yang diperoleh murid sekolah dari kegiatan drum band karena sebagai salah satu cabang olahraga, selain diajarkan keterampilan bermain musik, juga diajarkan tentang disiplin, kreativitas, sportifitas, semangat juang, prestasi, dan kerjasama.

Menurut dia, saat ini minat masyarakat dan anak muda dalam bermain drum semakin meningkat. Sehingga, dengan bermain drum band pemuda memiliki kesempatan untuk meningkatkan inteligensi mereka, selain fisik, yang pada  gilirannya akan membentuk karakter, akhlak mulia dan kedisiplinan.

“PDBI harus siap dalam membina dan menggembleng generasi, harus mampu membangkitkan semangat seluruh anggotanya,” harapnya.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply