Desa Dasan Tereng Optimistis Juara Nasional

Penerimaan Tim PenilaiLomba Desa Tk. Provinsi NTB belumlama ini di Desa Dasan Tereng, Narmada, Lombok Barat.(foto: istimewa)
Penerimaan Tim PenilaiLomba Desa Tk. Provinsi NTB belumlama ini di Desa Dasan Tereng, Narmada, Lombok Barat.(foto: istimewa)
Penerimaan Tim PenilaiLomba Desa Tingkat Provinsi NTB belum lama ini di Desa Dasan Tereng, Narmada, Lombok Barat.(foto: istimewa)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Untuk menjadi yang terbaik dalam penilaian lomba desa tingkat NTB tahun 2016 ini, Desa Dasan Tereng optimistis juara. Keyakinan itu beralasan mengingat desa yang terletak di penghujung barat Kecamatan Narmada, Lombok Barat ini memiliki sejumlah amunisi untuk bisa bersaing dan memenangkan lomba setidaknya di tingkat regional wilayah IV yang terdiri dari Kepulauan Maluku, NTT, dan NTB.

Kepala Desa Dasan Tereng Supratman Hadi ditemui Lomboktoday.co.id, Senin (6/6) di ruang kerjanya menyebutkan, sejumlah produk unggulan yang secara ekonomi berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Dasan Tereng terlihat pada sejumlah inovasi produk hasil pertanian yang tengah digandrungi masyarakat. Di antaranya, produksi tanaman sayuran dari kangkung yang telah inovasi menjadi makanan camilan seperti stik kangkung, ote-ote kangkung, bakso kangkung ataupun keripik kangkung.

Menurut dia, kangkung ini merupakan satu-satunya produk dari Desa Dasan Treng yang telah memiliki hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI dan hasil laboratorium uji dari Universitas Mataram menunjukkan kangkung olahan dari Desa Dasan Tereng ini 100 persen organik.

“Karena itu kangkung menjadi unggulan yang luar biasa. Memang kita kenal kangkung itu berada di sejumlah tempat, tetapi kangkung dari Dasan Tereng ini menjadi kangkung khas yang digemari konsumen dari daerah luar,” ungkap Kades Supratman Hadi.

Ditanya soal pemasaran, Supratman Hadi menjelaskan, selain pemasaran lokal bagi kebutuhan masyarakat setempat, kangkung Dasan Tereng juga dikirim ke semjumlah daerah seperti Bali, Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

“Bahkan ada yang kita ekspor ke Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Saudi Arabia,” terangnya.(hrw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *