Pengemis dan Gelandangan Dirazia

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Lombok Timur Salmun Rahman,(foto: SR/Lomboktoday.co.id)

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Lombok Timur Salmun Rahman,(foto: SR/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Lombok Timur akan melakukan razia terhadap para pengemis dan gelandangan yang mulai menjamur di bulan suci Ramadhan. Hal ini dilakukan karena keberadaan mereka sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat.

“Kita akan segera melakukan razia terhadap gemeng dan pengemis,” tegas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Lombok Timur Salmun Rahman kepada Lomboktoday.co.id.

Dia mengakui setiap datangnya bulan Ramadhan para gelandangan dan pengemis yang selalu meminta-minta uang dari satu rumah ke rumah lainnya dan dari kantor ke kantor lainnya. Hal ini dianggap sudah mengganggu ketertiban dan ketentraman umum.

“Di situlah tugas kami sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2007 tentang ketentraman dan ketertiban umum,” tukasnya.

Dirinya menduga kalau keberadaan para gelandangan dan pengemis tersebut ada mengkoordinirnya, sehingga harus dicari siapa orang yang mengkoordinirnya.

“Saya juga heran kenapa setiap bulan Ramadhan banyak pengemis berkeliaran meminta sumbangan dari rumah maupun kantor,” ujar Salmun Rahman yang juga mantan Camat Terara itu.

Lebih jauh Salmun menambahkan pihaknya sudah memerintahkan kepada anggotanya untuk melakukan patroli rutin. Sehingga kalau ada ditemukan para pengemis dan gelandangan agar langsung diamankan.

Sayangnya, yang jadi permasalahan saat ini di Lombok Timur belum ada tempat untuk menampung para pengemis dan gelandangan tersebut.

“Kalau kita amankan langsung diminta agar tidak melakukan perbuatan itu lagi dengan dilengkapi surat pernyataan,” tandas Salmun Rahman.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply