Ratusan Anggota Polres Lombok Barat Dites Urine

Anggota Polres Lombok Barat saat melakukan tes urine di aula Polres setempat.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)
Anggota Polres Lombok Barat saat melakukan tes urine di aula Polres setempat.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)
Anggota Polres Lombok Barat saat melakukan tes urine di aula Polres setempat.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Seluruh kesatuan anggota Polres Lombok Barat menjalani pemeriksaan tes urine, Senin (6/6). Tes ini dilakukan secara mendadak di Mapolres setempat, Jalan Raya Lembar.

Pemeriksaan urine ini dilakukan dengan mengudang Tim Dokter Polisi RS Bhayangkara Polda NTB. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi sekaligus mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kepolisian.

Wakapolres Lombok Barat Kompol Gede Sukma Wirawan di Gerung, Rabu (8/6) mengatakan, tes urine sengaja dilakukan mendadak dan rahasia. Sehingga anggota tidak perlu melakukan persiapan apapun.

Usai apel pagi anggota langsung dimasukkan ke aula. Mereka tidak mengetahui akan dilakukan tes urine. “Dengan demikian kita akan mendapatkan hasil yang objektif,” ujar Sukma.

Ia menuturkan, pihaknya melakukan kerjasama sebab alat yang digunakan Tim Dokpol terbilang lengkap. Alat ini dapat mendeteksi enam indikator zat narkoba. Yaitu, amphetamine, benzo, morfin, THC, kokain, dan benzodiazephine.

“Dari ganja, sabu, kokain, heroin sampai obat-obatan psikotropika seperti kamlet bisa terdeteksi,” jelasnya.

Menurut Sukma, tujuan dilaksanakan tes urine ini untuk menertibkan anggota dalam hal penyalahgunaan narkoba. Bukan hanya menertibkan masyarakat saja. Namun juga membersihkan semua lini dari narkoba.

“Polisi sebagai aparat penegak hukum harus bisa memberi contoh yang baik bagi masyarakat umum, dan juga untuk mengantisipasi di internal Polri jangan sampai ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Ia sangat berharap tidak ada anggota yang akan positif narkoba. Namun jika nanti ditemukan ada anggota yang positif, maka akan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Mereka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tandasnya.(hrw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *